Tim SSB Maesa Sulut Harumkan Indonesia di Kancah Internasional

by -16 views

ESENSINEWS.com – Sulawesi Utara (Sulut) patut berbangga. Pasalnya, tim sepak bola di bawah umur U-12 tampil mengesankan diajang sepak bola Singa Cup di Singapura 2019.

Seperti diketahui tim SSB Maesa ini mewakili Indonesia selain sejumlah klub sepak bola lainnya. Menurut pelatih kepap Nurdin, mereka memboyong 12 pemain dalam turnamen ini.

Dibabak awal, mereka menaklukan Malaysia 2-1 yang dicetak Reno dan Juan. Begitu pula lawan Singapura mereka menggebuk dengan skor 5-2.

Pada babak ke-2, Indonesia menyingkirkan Nepal 3-0. Tak sampai disitu lewat fighting spirit yang tinggi, diperdelapan final tim Maesa U-12 menaklukan Kendari 7-1. Namun sayangnya, mereka tersisih di perempat final kalah dari OKKY Jakarta 0-4.

Menurut Nurdin, sudah bermain maksimal tapi tim lawan tampil lebih baik. “Anak asuhnya tahun ini sudah 2 kali juara nasional yakni 2018 di Cirebon, turnamen Blisbi. Selanjutnya, juara Maesa Sulut 2019 di Palembang,” ucap mantan pemain Persma kepada Esensinews, Sabtu (9/11/2019).

Metode pelatihan yang diterapkan Nurdin yakni, mengenali dasar-dasar sepak bola serta teori. Untuk menambah kekompakan, setiap hari diadakan latihan 2 jam.

“Semua pemain berasal dari Manado, kecuali lima pemain berasal dari Papua, Jabar, DKI Jakarta, Papua Barat dan Jateng ,”kata dia.

SSB ini kata Nurdin dinahkodai oleh Silvana Goni atau istri legislator Kota Manado Hengky Kawalo.

Usai turnamen di Singapura, tim SSB Maesa akan ikut serta dalam turnamen Walikota Gorantalo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *