Hari Ini, 6 Febuari 1911 Presiden ke-40 AS Ronald Reagen Dilahirkan di Illinois

ESENSINEWS.com - Senin/06/02/2023
Hari Ini, 6 Febuari 1911 Presiden ke-40 AS Ronald Reagen Dilahirkan di Illinois
 - (ESENSINEWS.com)

ESENSINEWS.comPresiden ke-40 Amerika Ronald Reagan lahir di Tampico, Illinois, pada hari ini dalam sejarah, 6 Februari 1911.

Sebelum dia menjadi bintang film yang menjadi panglima tertinggi, Reagan lahir dari orang tua Nelle dan John Reagan di kota barat laut Illinois.

Meskipun mereka miskin, Reagan masih mengingat masa kecilnya sebagai “idilis”, menurut History.com, dan tumbuh untuk bermain sepak bola di sekolah menengah atas dan di Universitas Eureka.

Saat kuliah, Reagan belajar ekonomi dan sosiologi dan juga berakting dalam sandiwara sekolah, menurut situs Gedung Putih.

Setelah lulus selama Depresi Hebat , Reagan akhirnya bekerja sebagai penyiar olahraga di sebuah stasiun radio di Iowa.

Potret Ronald Reagan, presiden AS ke-40, di tahun-tahun awalnya di Hollywood.

Tahun 1960-an ketika aktor tersebut mengalihkan afiliasinya dari Demokrat ke Republik pada tahun 1962. Kampanyenya membawa gelombang baru konservatisme ke AS

Pada tahun 1966, Reagan mencalonkan diri sebagai gubernur California dan menang melawan petahana Pat Brown dengan hampir satu juta suara, lapor history.com.

Reagan menjalani dua masa jabatan sebagai gubernur California sebelum mengajukan tawaran untuk tiket presiden pada tahun 1976, yang kalah dari Gerald Ford.

Ronald Reagan dan istrinya Nancy bersama Senator Strom Thurmond (paling kanan) selama kampanye presiden tahun 1980.

Ronald Reagan dan istrinya Nancy bersama Senator Strom Thurmond (paling kanan) selama kampanye presiden tahun 1980. (MPI/Getty Images)

Tapi 1980 terbukti menjadi tahun Reagan setelah dia memenangkan nominasi Partai Republik dan mengalahkan petahana dari Demokrat Jimmy Carter sebagai presiden.

Saat berusia 69 tahun, Reagan dianggap sebagai presiden tertua dalam sejarah Amerika.

Kampanyenya membawa gelombang baru konservatisme ke AS dengan janjinya untuk memulihkan “deru kemajuan, pertumbuhan, dan optimisme Amerika yang hebat dan percaya diri.”

Kariernya di Hollywood menjadi salah satu “aset terbesarnya,” kata History.com, saat ia dikenal sebagai “presiden Teflon” dan menghadapi serangkaian kesuksesan.

Presiden Ronald W. Reagan berbicara pada penggalangan dana untuk kampanye Kandidat Senat Linda Chavez pada 1 Oktober 1986.

Presiden Ronald W. Reagan berbicara pada penggalangan dana untuk kampanye Kandidat Senat Linda Chavez pada 1 Oktober 1986. (Dirck Halstead/Getty Images)

“Masa jabatannya melihat pemulihan kemakmuran di dalam negeri, dengan tujuan mencapai ‘perdamaian melalui kekuatan’ di luar negeri,” kata Gedung Putih di situs webnya.

Muncul dari kerusuhan perang Vietnam warisan kebijakan luar negeri Reagan menyebabkan hubungan terbuka dengan Uni Soviet pada akhir 1980-an.

Kebijakan ekonomi presiden, yang dikenal sebagai “Reaganomics”, didorong untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, mengekang inflasi, meningkatkan lapangan kerja, dan memperkuat pertahanan nasional.

Presiden Reagan tertawa mengikuti lelucon Ratu Elizabeth II, yang mengomentari cuaca buruk California yang dia alami selama berada di Amerika Serikat, Maret 1983. 

Presiden Reagan tertawa setelah lelucon Ratu Elizabeth II, yang mengomentari cuaca buruk California yang dia alami selama berada di Amerika Serikat, Maret 1983.  (Bettmann / Getty Images)

Presiden mempertahankan popularitasnya selama dua periode kepresidenannya setelah memperbarui “kepercayaan diri” nasional, lapor whitehouse.gov.

Reagan menyerahkan Gedung Putih kepada wakil presidennya, George HW Bush, pada tahun 1988.

Pada tanggal 5 Juni 2004, Reagan meninggal pada usia 93 tahun setelah berjuang melawan penyakit Alzheimer .

Tinggalkan Komentar

Kolom

Mungkin Anda melewatkan ini

Kejari Belawan Dilaporkan ke Kabareskrim

Kejari Belawan Dilaporkan ke Kabareskrim

Rommy Utarakan Ketua Timses Jokowi – Ma’ruf Berinisial M

Rommy Utarakan Ketua Timses Jokowi – Ma’ruf Berinisial M

Antisipasi Kejahatan, DPRD Sulut Bakal Sambangi Polda

Antisipasi Kejahatan, DPRD Sulut Bakal Sambangi Polda

Jokowi Melawan Orang yang Membesarkannya: Megawati dan Prabowo?

Jokowi Melawan Orang yang Membesarkannya: Megawati dan Prabowo?

Zaki – Romli Diyakini Mampu Mewujudkan Program Andalannya

Zaki – Romli Diyakini Mampu Mewujudkan Program Andalannya

Tag

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya