Berikut Daftar 8 Pesepak Bola Top Dunia Berdarah Indonesia

ESENSINEWS.com - Kamis/18/08/2022
Berikut Daftar 8 Pesepak Bola Top Dunia Berdarah Indonesia
 - (ESENSINEWS.com)

ESENSINEWS.com – Sederet pemain sepak bola dunia yang ternyata keturunan Indonesia patut untuk diketahui. Siapa sangka, beberapa pesepak bola yang reputasinya diperhitungkan di Eropa ternyata berdarah Indonesia.

Beberapa dari mereka yang masih muda sempat mencuri perhatian PSSI dan pernah akan direkrut untuk membela Timnas. Sayangnya, para pemain keturunan Indonesia tersebut tidak pernah bermain untuk Tim Garuda.

Lalu, siapa saja pesepak bola dunia yang ternyata keturunan Indonesia tersebut? Berikut adalah 7 di antaranya yang dilansir iNews.id, Selasa (16/8/2022).

8 Pemain Sepak Bola Dunia yang Ternyata Keturunan Indonesia

1. Emil Audero Mulyadi

Nama Emil Audero Mulyadi pernah menjadi sorotan jagat sepak bola Tanah Air beberapa waktu lalu. Ia adalah pemain yang lahir di Indonesia, tepatnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18 Januari 1997.

Ayah Emil adalah Edy Mulyadi, sedangkan ibunya bernama Antonela Audero yang berasal dari Italia. Emil pernah dipanggil Timnas Indonesia pada 2016, tetapi dengan tegas menolaknya.

Emil Audero Mulyadi telah berkiprah apik dan berpengalaman membela sejumlah klub Eropa. Pemain yang kini membela Sampdoria itu sebelumnya telah beberapa tahun mengenyam pendidikan sepak bola di akademi Juventus. Dia juga pernah membela Timnas Italia di sejumlah kelompok usia.

 

2. Jayden Oosterwolde

Jayden Oosterwolde merupakan pesepak bola muda yang memiliki darah Indonesia. Pemain berposisi sebagai bek kiri ini sejatinya lahir di Zwolle, Belanda, pada 26 April 2001.

Pelatih Shin Tae-yong pernah tertarik dengan Jayden Oosterwolde agar bisa direkrut untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19. Namun, ajakan Shin Tae-yong itu dimentahkan begitu saja oleh sang pemain lantaran Oosterwolde lebih memilih membela Timnas Belanda.

“Melalui agen saya, saya sudah mengatakan saat ini saya fokus untuk membela Timnas Belanda. Indonesia dan Suriname belum masuk pertimbangan saya. Saya selalu bermimpi untuk Timnas Belanda dan saya sedang mengejarnya,” ujar Oosterwolde pada media Belanda, ELF Voetbal yang dilansir Sindonews.

3. Jairo Riedewald

Pemain yang satu ini mungkin cukup asing bagi fans sepak bola di Indonesia. Jairo Riedewald adalah pemain keturunan Indonesia yang sekarang berkarier untuk Crystal Palace di Liga Inggris.

Jairo Riedewald memiliki darah Suriname dan Indonesia dari ayahnya. Sedangkan ibunya merupakan seorang yang memiliki darah Belanda dan Indonesia. Bek potensial berusia 25 tahun tersebut telah memperkuat Crystal Palace sejak 24 Juli 2017 lalu setelah bermain dengan Ajax Amsterdam selama empat tahun.

4. John Heitinga

Kemudian, ada mantan pemain John Heitinga yang juga keturunan Indonesia – Belanda. Mantan punggawa Timnas Belanda itu memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang lahir di Jakarta. Selain itu, kakek dari John Heitinga juga berasal dari Indonesia, tepatnya Belitung.

Sebagaimana diketahui, John Heitinga sukses mengukir karier apik di benua Eropa dan sudah pernah membela sejumlah klub besar. Antara lain adalah Ajax Amsterdam, Atletico Madrid, Everton, hingga Fulham City. Pesepak bola yang kini berusia 38 tahun itu pensiun pada 2016 silam setelah membela klub yang membesarkannya, Ajax Amsterdam/

Di urutan kelima, ada nama Nigel de Jong yang juga memiliki garis keturunan Belanda-Indonesia. Nigel de Jong memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Ambon.

Sementara, ayah Nigel de Jong diketahui dia berasal dari Suriname yang penduduknya terkenal merupakan keturunan Jawa. Namun, Nigel de Jong memilih menjadi warga negara Belanda. Sebelum gantung sepatu pada 2021 silam, Nigel de Jong pernah membela sejumlah klub besar Eropa seperti Ajax yang membesarkan namanya, Manchester City, hingga AC Milan.

6. Radja Nainggolan

Pemain yang satu ini juga tak kalah top dari nama-nama sebelumnya. Radja Nainggolan juga pernah membela sejumlah klub papan atas Eropa, khususnya Serie A seperti AS Roma dan Inter Milan.

Radja Nainggolan memiliki darah Indonesia yang berasal dari ayahnya. Sementara sang ibu diketahui asli Belgia.

7. Robin van Persie

Salah satu legenda hidup sepak bola Belanda, Robin van Persie, juga diketahui keturunan Indonesia. Eks pemain Manchester United dan Arsenal ini memiliki darah Indonesia dari sang nenek. Nenek dari ibu Robin van Persie adalah seorang berasal dari Surabaya.

8. Giovanni van Bronckhorst

Pemain legendaris Barcelona, Giovanni van Bronckhorst atau akrab dipanggil Gio rupanya juga berdarah campuran Belanda – Indonesia. Gio sendiri memiliki keturunan Maluku dari darah Ibunya, yang bernama Fransien Sapulette.

Meski begitu, salah satu pesepak bola top dunia pada zamannya itu tidak pernah tertarik untuk bermain di Indonesia dan tetap memilih The Oranje (julukan Timnas Belanda). Pesepak bola yang juga legenda Timnas Belanda itu pensiun pada 2010 dan kini diketahui menjadi pelatih klub asal Skotlandia, Rangers.

Itulah 8 pemain sepak bola dunia yang ternyata keturunan Indonesia. Baik yang masih aktif menjadi di lapangan hijau maupun yang sudah pensiun, semuanya adalah bisa dikatakan sebagai pemain top kelas dunia.

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya