Sejumlah Pakar Sebut Rizal Ramli Layak Dampingi Prabowo

ESENSINEWS.com - Senin/15/08/2022
Sejumlah Pakar Sebut Rizal Ramli Layak Dampingi Prabowo
 - (ESENSINEWS.com)

ESENSINEWS.com – Sejumlah pakar mengingatkan agar Ketua Umum DPP Partai Gerindra lebih selektif dalam memilih pasangan saat Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat politik dari Trias Politika Agung Baskoro mengatakan, pemilihan pendamping akan menjadi tantangan utama bagi Prabowo jika ingin menang.

“Tantangan Prabwowo di titik ini tinggal menentukan nama cawapres yang tepat,” kata Agung seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Menurut Agung, Prabowo juga harus belajar dari dua Pilpres sebelumnya yakni 2014 dan 2019. Dia mengatakan, seharusnya Prabowo bisa memetik pelajaran mengapa dia kalah dalam dua ajang Pilpres itu.

Agung mengatakan, salah satu faktor yang membuat Prabowo kalah dalam 2 Pilpres itu adalah keputusannya memilih pendampingnya.

“Karena dalam 2 pemilu sebelumnya, Prabowo kurang tepat memilih nama (cawapres),” ujar Agung.

“Misalnya dalam konteks memilih Hatta Rajasa yang berelektabilitas rendah di 2014, dan Sandiaga Uno yang berasal dari dalam Gerindra dan elektabilitas saat 2019 belum memadai mendongkrak,” lanjut Agung.

Agung menilai langkah Prabowo menggandeng Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai mitra koalisi menuju pemilihan umum (Pemilu) dan Pilpres 2024 merupakan langkah jitu.

Sebab menurut Agung, koalisi antara Gerindra dan PKB bisa memadukan 2 karakter basis massa masing-masing partai. Yaitu Gerindra yang merepresentasikan kaum nasionalis, dan PKB dengan massa dari kalangan santri dan warga Nahdlatul Ulama.

Sementara itu, Asrori Mulky, Peneliti Freedom Foundation mengungkapkan bahwa tokoh nasional Rizal Ramli (RR) layak mendampingi Prabowo.

Mertua RR berasal dari kalangan Nahdliyin Malang Jatim. Sebagai sosok yang berasal dari lingkaran Gusdurian dan keluarga besar Pesantren Tebu Ireng, Asrori mengatakan, PKB bisa menjadi alternatif untuk menyodorkan nama Rizal Ramli sebagai pasangan Prabowo dalam Pilpres nanti.

Kandidat doktor (PhD) di sekolah pasca sarjana studi Islam UIN Jakarta tersebut menambahkan, Prabowo harus didampingi sosok RR atau sosok sekelasnya yang bisa mengatasi krisis ekonomi dan ketidakadilan sosial.

“Prabowo mau berduet dengan RR kalau PKB pimpinan Cak Imin sadar, bahwa calon dari PKB yang sangat pantas diajukan adalah RR. Dan RR selaku ‘tokoh pembaruan’ intelektual reformis, sangat dekat dengan Gus Dur dan NU dan PKB niscaya akan membawa kejutan,” kata Asrori.

“RR itu kuda hitam untuk pemimpin bangsa yang mampu mengatasi krisis ekonomi, agar bangsa ini tidak hancur akibat krisis ekonomi politik itu. Publik melihat Anies Baswedan, Ganjar, Puan Maharani, Prabowo tidak akan ngerti dan tak akan mampu mengatasi krisis ekonomi-politik itu,” tandas Asrori

 

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya