Oxford dan Harvard, Siapa Kampus Terbaik?

ESENSINEWS.com - 1 bulan Yang Lalu
Oxford dan Harvard, Siapa Kampus Terbaik?
 - (ESENSINEWS.com)

ESENSINEWS.com – Dua universitas paling elite di dunia berdiri dengan jarak lebih dari 3.200 mil. Dipisahkan oleh Samudra Atlantik yang luas, Universitas Harvard dan Oxford mempertahankan beberapa kesamaan.

Dilansir College Gazette, yang paling menonjol adalah reputasi prestisius: mereka yang memperoleh gelar dari salah satu institusi, dipastikan memiliki banyak peluang.

Kedua sekolah tersebut adalah lembaga pendidikan tinggi pertama yang didirikan di negara masing-masing.

Harvard didirikan di Cambridge, Massachusetts pada tahun 1636, dan Oxford (universitas tertua di dunia) dibangun sebelum tahun 1167.

Kedua sekolah tersebut memiliki pemimpin, penemu, dan tokoh terkenal dunia yang tak terhitung banyaknya.

Dari Oxford, daftar raja, kaisar, perdana menteri, presiden, senator, dan penerima Hadiah Nobel sepertinya tidak ada habisnya.

Tokoh lain seperti penulis TS Eliot, inovator sarjana Fulbright William Fulbright, fisikawan dan profesor Stephen Hawking, dan Penasihat Keamanan Nasional AS Susan Rice semuanya berasal dari Oxford.

Harvard juga memiliki daftar alumni yang sama mengesankannya, termasuk CEO Facebook Mark Zuckerberg, penulis Margaret Atwood, astronom Neil deGrasse Tyson, aktivis hak-hak sipil WEB Du Bois, delapan presiden AS, dan banyak Peraih Nobel, pemenang medali Olimpiade, cendekiawan Rhodes, pemenang Hadiah Pulitzer, dan 188 miliarder yang masih hidup.

Berdasarkan kesamaan antara kedua universitas, pilihan mungkin tampak sulit: mana sebenarnya perguruan tinggi terbaik di duniaHarvard atau Oxford?

Masih dilansir College Gazette, pada Januari 2022, Harvard berada di peringkat 2 Universitas Nasional dan peringkat 1 di Universitas Global oleh US News, dan peringkat 1 oleh Round University Ranking.

Oxford berada di peringkat 1 di Universitas Global Terbaik di Eropa dan 5 di Universitas Global Terbaik oleh US News, dan peringkat 2 oleh QS World University Rankings.

Sementara peringkat spesifik mereka dapat berfluktuasi setiap tahun, kedua sekolah secara konsisten tetap berada di lima tempat nasional teratas di negara masing-masing dan lima institusi teratas di dunia.

Jarang sekali bisa diterima di Universitas Harvard atau Oxford. Berada dalam posisi unik untuk memilih di antara keduanya adalah hak istimewa dan kehormatan yang nyata.

Tpi Harvard adalah yang paling mahal, baik untuk siswa domestik dan internasional. Biaya kuliah Harvard 2021-2022 adalah 55.58 dollar AS, yang tidak termasuk biaya lain dan biaya tempat tinggal.

Siswa Oxford domestik memiliki biaya kuliah yang jauh lebih rendah, yaitu 9.250 poundsterling (sekitar 12.538 dollar AS).

Harvard atau Oxford, Oxford atau Harvard? Sekolah mana yang lebih baik bersifat subjektif dan tergantung pada apa yang paling dihargai pelamar.

Dalam hal populasi siswa, kedua sekolah memiliki jumlah siswa yang sama, mulai dari 23.000 di Harvard hingga 26.000 di Oxford.

Kedua sekolah menawarkan berbagai program yang dipimpin oleh anggota fakultas yang terkenal dan berpengetahuan luas.

Meskipun keduanya memiliki rasio siswa-fakultas yang rendah, kelas-kelas Harvard sedikit lebih akrab pada 9:1 dibandingkan dengan rasio 11:1 Oxford.

Tapi jika atletik adalah prioritas, maka Oxford adalah pemenangnya.

Tim universitas Oxford University secara konsisten punya peringkat di antara universitas olahraga terbaik di Inggris Raya.

Sementara tim olahraga Harvard umumnya berkinerja baik dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di Ivy League, meski tidak diakui secara nasional karena kecakapan atletik mereka.

Meskipun demikian, hampir 80 persen dari badan mahasiswa Harvard terlibat dalam beberapa aktivitas atletik di kampus.

Cara terbaik untuk memilih antara Harvard dan Oxford adalah memulai dengan prioritas penting.

Sementara kedua institusi bergengsi ini memiliki banyak kesamaan dalam hal program akademik dan peluang pascasarjana, ada perbedaan kecil yang dapat membantu mahasiswa baru membuat pilihan.

Terlepas dari sekolah mana yang dipilih, mereka pasti akan mendapatkan akses ke peluang, pengalaman, dan hubungan kolegial yang tak ternilai dengan para ahli dan pemimpin yang sangat berprestasi.

Jadi, Harvard atau Oxford sama-sama terbaik–tergantung dari sisi mana calon mahasiswa baru melihatnya.

 

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya