Marques Bolden Bintang Basket yang Bawa Indonesia Raih Emas Sea Games Vietnam

ESENSINEWS.com - 1 bulan Yang Lalu
Marques Bolden Bintang Basket yang Bawa Indonesia Raih Emas Sea Games Vietnam
 - (ESENSINEWS.com)

Timnas basket putra Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games 2021 usai mengalahkan sang raja Asia Tenggara, Filipina, pada pertandingan keenam alias terakhir.

Bertanding di Thanh Trì District Sporting Hall, Hanoi, pada Minggu (22/5/2022), Indonesia sukses menaklukkan Filipina dengan skor 85-81.

Hasil itu membuat Indonesia (poin 12) menyegel posisi puncak klasemen sekaligus memastikan medali emas, mengungguli Filipina yang berada di peringkat kedua dengan nilai 11.

Indonesia pun mengukir catatan bersejarah. Untuk kali pertama dalam sejarah SEA Games, tim Merah Putih mampu meraih medali emas cabang olahraga bola basket putra.

Tak hanya mengukir sejarah emas pertama di SEA Games, Indonesia juga berhasil menghentikan dominasi Filipina pada pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Sejak 1991 hingga edisi terakhir pada 2019, medali emas cabor bola basket putra SEA Games selalu dikuasai Filipina.

Adapun, prestasi terbaik Indonesia sebelumnya adalah meraih perak pada SEA Games 2001, 2007, 2015, dan 2017

Sinar Marques Bolden pada Laga Penentu

Salah satu penampilan terbaik pada laga final basket SEA Games 2021 kontra Filipina datang dari pemain naturalisasi Indonesia, Marques Bolden.

Pada pertandingan melawan Filipina, Bolden sukses mengemas 18 poin, 10 rebound, dan 3 assist.

Penampilan impresif Marques Bolden pada laga final SEA Games 2021 menjadi kejutan karena sang pemain baru menjalani debut pada pertandingan kelima kontra Vietnam.

Laga melawan Vietnam menjadi debut Bolden bersama timnas basket Indonesia. Ia mencetak empat poin dan turut membantu tim Merah Putih mengalahkan tim tuan rumah, 94-67.

Marques Bolden sendiri menjadi salah satu pemain naturalisasi di skuad timnas basket Indonesia untuk SEA Games 2021. Selain Bolden, dua pemain naturalisasi lainny adalah Brandon Jawato dan Dame Diagne.

Bolden yang saat ini berusia 24 tahun lahir di Dallas, Texas, Amerika Serikat. Pemain berposisi center itu saat ini bermain di kompetisi NBA G League bersama Salt Lake City Stars.

Pada SEA Games 2021, penggunaan pemain naturalisasi tidak dibatasi. Hal ini berbeda dengan kejuaraan kalender FIBA yang hanya membolehkan sebuah tim memainkan satu pemain naturalisasi.

Meski baru tampil pada laga kontra Vietnam, Milos Pejic selaku pelatih timnas basket Indonesia menaruh harapan besar kepada Marques Bolden.

“Dia bermain hanya lima menit, terlalu singkat untuk memberikan penilaian. Namun, Bolden adalah pemain level tinggi untuk kompetisi ini,” kata Pejic usai laga melawan Vietnam, dikutip dari Antara.

Bolden akhirnya bisa menjawab harapan sang pelatih. Ia tampil impresif pada pertandingan penentuan melawan Filipina dengan menjadi top performer alias penampil terbaik.

Marques Bolden pun mengantar Indonesia mencetak sejarah dengan meraih medali emas bola basket SEA Games 2021.

Biodata Marques Bolden

Nama lengkap: Marques Terrell Bolden
Tempat, tanggal lahir: Dallas, 17 April 1998
Kewarganegaraan: Indonesia
Tinggi badan: 208 cm
PosisiCenter
Klub saat ini: Salt Lake City Stars
Kompetisi: NBA G League

 

Sumber : Kompas.com

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya