Mulai di Blow Up, Roy Suryo Angkat Bicara Soal ‘Hepatitis Misterius’

ESENSINEWS.com - 2 minggu Yang Lalu
Mulai di Blow Up, Roy Suryo Angkat Bicara Soal ‘Hepatitis Misterius’
 - (ESENSINEWS.com)

ESESINEWS.com – Akhirnya pakar telematika Roy Suryo angkat bicara terkait merebaknya penyakit hepatitis misterius yang mulai melanda masyarakat Indonesia.

Ya, melalui akun Twitternya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyona (SBY) ini, dirinya selaku lulusan magister kesehatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta mendesak pemerintah untuk serius menangani penyakit tersebut.

“Selaku M.Kes (ASLI, dari UGM) Saya mendesak Pemerintah, cq Kemenkes agar SERIUS menangani “Hepatitis Misterius” yg mulai diblow-up Media2,” tulis Roy Suryo, Kamis (5/5/2022).

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah untuk menyampaikan dengan benar dan bijak terkait tindakan preventif dan kuratifnya terkait penjelasan varian lama Hepatitis A,B,C,D dan E.

“Sampaikan dgn BENAR & BIJAK Preventif & Kuratifnya , sbgmn Varian A,B,C,D,E,G lama,” lanjutnya.

Di akun pribadinya @KRMTRoySuryo2 itu, mantan politikus Demokrat ini menegaskan dengan adanya informasi terkait hepatitis misterius tersebut jangan lagi rakyat menjadi korban. “Jangan malah Rakyat merasa di-TEROR / dibuat BISNIS,” tulisnya.

Berikut Twit lengkapnya:

“Selaku M.Kes (ASLI, dari UGM) Saya mendesak Pemerintah, cq Kemenkes agar SERIUS menangani “Hepatitis Misterius” yg mulai diblow-up Media2.

Sampaikan dgn BENAR & BIJAK Preventif & Kuratifnya , sbgmn Varian A,B,C,D,E,G lama.
Jangan malah Rakyat merasa di-TEROR / dibuat BISNIS”

Diberitakan sebelumnya, munculnya hepatitis misterius yang menyebabkan tiga anak meninggal terkait dengan vaksin Covid-19.

Kabar tersebut ramai setelah terbitnya Journal Hepatology pada 21 April 2022 yang menuliskan laporan “Vaksinasi SARS-CoV-2 dapat menimbulkan Hepatitis dominan sel T CD8,”.

Terkait pemberitaan tersebut, Dokter Anak Konsultan Gastrohepatologi Hanifah Oswari menegaskan tidak ada hubungannya antara hepatitis akut atau misterius dengan vaksin Covid-19.

Ditegaskannya yang menghubungkan antara Hepatitis akut bergejala berat dan Adenovirus pada vaksin COVID-19 adalah narasi yang tidak benar.

“Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan, bahwa kejadian ini (Hepatitis akut berat) dihubungkan dengan COVID-19 adalah tidak benar. Gak ada bukti hubungan dengan vaksin COVID-19,” katanya dalam keterangan persnya, Kamis, 5 Mei 2022.

Sebelumnya, Journal Hepatology yang terbit pada 21 April 2022 menuliskan laporan “Vaksinasi SARS-CoV-2 dapat menimbulkan Hepatitis dominan sel T CD8,”.

Editor: Romi Terbit

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya