Braien Woworuntu Minta Pemprov Sulut Perhatikan Cagar Budaya di Desa Palamba, Langowan Selatan

ESENSINEWS.com - 4 bulan Yang Lalu
Braien Woworuntu Minta Pemprov Sulut Perhatikan Cagar Budaya di Desa Palamba, Langowan Selatan
 - (ESENSINEWS.com)

ESENSINEWS.com – Ketua Komisi IV DPRD Sulut, Braien Waworuntu meminta Pemerintah Provinsi Sulut dalam hal ini Dinas Kebudayaan untuk memperhatikan Cagar Budaya Waruga Toar Lumimuut yang ada di Desa Palamba, Kecamatan Langowan Selatan.

Hal itu dikatakan Politisi Partai NasDem Sulut saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Kebudayaan Sulut, Selasa (15/04/2022) di ruang Rapat Komisi IV DPRD Sulut.

“Saya meminta Dinas Kebudayaan Sulut untuk segera turun melihat langsung kondisi Waruga Toar Lumimuut yang ada di Desa Palamba Kecamatan Langowan Selatan, karena ada beberapa aspirasi masyarakat yang masuk ke saya bahwa Waruga Toar Lumimuut kurang diperhatikan dari segi pemeliharaannya,” tandas Braein dihadapan kepala DisBud Jani Lukas bersama jajaran.

Tak hanya itu, dirinya juga menuturkan bahwa Cagar Budaya merupakan hal yang wajib kita lestarikan karena ini adalah aset sejarah leluhur Tou Minahasa.

Dalam hal ini, lanjut BW bahwa uluran tangan pemerintah untuk pemeliharaan dan pelestarian situs sejarah ini adalah yang utama,

“Waruga Toar Lumimuut harus dirawat dengan baik, itu juga adalah hal positif untuk masyarakat Sulut karena situs-situs sejarah yang ada dapat menarik wisatawan, baik lokal maupun interlokal,” kata BW.

Menanggapi itu, KadisBud Sulut Jani Lukas mengatakan akan segera menindaklanjutinya.

“Memang saya sendiri belum sempat mengunjungi dan melihat kondisi terkini situs sejarah Waruga Toar Lumimuut. Tapi dengan adanya keluhan dari masyarakat yang telah disampaikan tadi oleh pak Ketua Komisi IV DPRD Sulut Braien Waworuntu, pastinya kami akan meninjau langsung lokasi Waruga Toar Lumimuut sekaligus melihat langsung kondisinya. Intinya kami Dinas Kebudayaan akan segera menindaklanjuti hal itu,”jelas Lukas.

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya