Marc Klok Gabung, Timnas Indonesia Kian Menakutkan

ESENSINEWS.com - 4 bulan Yang Lalu
Marc Klok Gabung, Timnas Indonesia Kian Menakutkan
 - (Foto : Marc Klok (Indosport))
Kini mencuat ke publik yang mana lemain naturalisasi asal Belanda, Marc Klok, bakal bergabung di timnas besutan pelatih Shin Tae-yong. Memang, belakangan memang ramai dibicarakan bakal masuk dipanggil dalam skuat Timnas Indonesia.

Siapakah Marc Klok?

Marc Klok (lahir 20 April 1993 ) adalah pemain sepak bola profesional kelahiran Belanda yang saat ini bermain untuk klub Persib Bandung sebagai gelandang tengah.

Klok memulai kariernya di Utrecht. Pada 2013, ia menandatangani kontrak dengan klub Liga Utama Skotlandia Ross County. Setelah satu musim di Skotlandia, Klok bergabung dengan Cherno More Varna dimana dia memenangkan satu Piala Bulgaria dan satu Supercup Bulgaria. Setelah meninggalkan Cherno More pada akhir musim 2015-16, ia bergabung dengan Oldham Athletic.

Klok adalah keponakan Rob Matthaei, mantan pemain belakang De Graafschap, Dunfermline Athletic, dan Motherwell.

Pada 12 November 2020, Marc Klok resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah mengucapkan Sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI Jakarta. Pada 23 Juni 2021, Marc Klok meninggalkan Persija Jakarta menjelang dimulainya Liga 1.

Karier

Lahir di Amsterdam, Klok menandatangani kontrak untuk klub Skotlandia Ross County dari FC Utrecht pada bulan Juni 2013 dan melakukan debutnya dalam kekalahan kandang 4-1 dari Celtic pada 9 November. Dia dibebaskan pada Agustus 2014 setelah hanya enam penampilan.

Pada tanggal 13 Oktober 2014, setelah masa percobaan yang sukses, Klok menandatangani kontrak dengan klub Bulgaria Cherno More Varna. Dia melakukan debutnya dalam kekalahan 2-0 melawan Razog Ludogorets pada 25 Oktober. Pada 23 September 2015, Klok merayakan gol pertamanya dalam kemenangan tandang 7-1 melawan Pirin Razlog untuk Piala Bulgaria.

Pada tanggal 13 Juli 2016, Klok menandatangani kontrak enam bulan awal dengan klub Liga Satu Oldham Athletic. Dia membuat debut kompetitifnya dalam kekalahan 3-0 di Millwall pada 6 Agustus, masuk sebagai pemain pengganti Ollie Banks.

Klok diadili bersama Dundee selama Januari 2017 dan menandatangani kontrak jangka pendek pada tanggal 31 Januari. Dia meninggalkan Dundee pada bulan April 2017, telah membuat dua penampilan untuk klub tersebut.

DIpastikan 3 nama ini bakal menghilang dari line up

Dilansir dari Instagram pribadi Marc Klok, sang pemain mengunggah foto bersama Shin Tae-yong saat laga pekan ke-19 Liga 1 musim 2021-2022, Kamis (13/01/22). Entah apa yang sedang mereka bahas, namun Marc Klok memberikan keterangan kalau Shin Tae-yong sedang menjelaskan mengenai proyek ke depan bersama timnas Indonesia.

Seperti diketahui, gelandang andalan Persib Bandung tersebut telah resmi dinaturalisasi sebagai warga negara Indonesia (WNI) PADA 12 November 2020 lalu.

Setelah menjadi WNI, Marc Klok sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia pada pertengahan tahun 2021. Akan tetapi, ia harus dicoret dari skuat Garuda setelah memutuskan untuk izin pulang karena ingin menyambut kelahiran anaknya.

Usai membagikan momen bersama Shin Tae-yong, nama Marc Klok pun dikabarkan bakal mendapat kesempatan kedua untuk memperkuat Timnas Indonesia. Meski belum ada keputusan resmi dari PSSI ataupun tim pelatih, namun kehadiran Marc Klok yang musim ini jadi andalan Persib tampaknya bakal memperkokoh lini tengah tim Merah-Putih.

Andai bergabung, Marc Klok pun berpotensi menyingkirkan beberapa pemain yang sebelumnya jadi pilihan utama di line up Timnas Indonesia.

 

 

Sumber : Wikipidia/indosport

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya