Kemenkop Resmikan Portal Nasional UKM SMEsta.id

ESENSINEWS.com - 7 bulan Yang Lalu
Kemenkop Resmikan Portal Nasional UKM SMEsta.id
 - (ESENSINEWS.com)

ESENSINEWS.com – Kementerian Koperasi dan UKM RI meluncurkan sekaligus meresmikan portal Nasional UKM SMEsta.id (Small and Medium Enterprises Station). Kehadiran portal nasional ini diharapkan bisa mendongkrak target UKM ekspor hingga 17 persen secara nasional pada tahun 2024.

SMEsta.id merupakan portal UKM Nasional berbasis website/katalog digital yang menyediakan informasi lengkap mengenai program pelatihan UKM, informasi akses pembiayaan, perluasan akses pasar, perizinan dan standarisasi, persyaratan dan kriteria ekspor impor, market intelligence, serta peluang usaha di beberapa negara yang terintegrasi secara regional dengan web portal ASEAN Access.

Menurut Wakil Rektor II Universitas Kristen Indonesia (UKI )enny Tewu ini merupakan inisiatif positif Pemerintah untuk mendukung UMKM seluruh Indonesia melalui portal digital. Diketahui berdasarkan data yang ada jumlah smart phone di Indonesia melebihi jumlah seluruh penduduk Indonesia, jadi program digitalisasi seperti ini akan cepat tersosialisasi dengan catatan adanya koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah dari Provinsi, Kabupaten Kota hingga Kecamatan dan kelurahan / Desa.

Menurutnya, Portal SMEsta.id  ini akan menjadi big data atas semua UMKM yang ada di Indonesia dan akan membentuk profile dari berbagai jenis produk yang ada, sehingga akan menjadi referensi / katalog / direktori jenis UMKM di seluruh Indonesia, yang memudahkan para investors, buyers bahkan retailer mencari mitra atau barang yang dibutuhkan pasar. Disamping itu para pelaku UMKM juga mendapatkan fasilitas peningkatan kualitas pengetahuan atas produk, hingga bisa bersaing di pasar Internasional.

“Jadi sosialisasi secara terpadu dengan dukungan seluruh pihak dari pusat hingga daerah perlu terus digaungkan, bahkan mungkin bisa juga dibuat perlombaan maupun penghargaan bagi UMKM binaan yang berprestasi,” ujarnya Senin (29/11/2021).

“Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari transaksi e-commerce yang juga naik 54 persen atau lebih dari 3 juta transaksi per hari. Kata Denny Tewu, bahwa minat masyarakat Indonesia atas digitalisasi sangat besar sekali terbukti dengan jumlah HP yang melebihi jumlah penduduknya,  maka bila didukung dengan kapasitas internet yang lebih baik di seluruh Indonesia maka itu adalah pasar yang luar biasa besarnya,” ujarnya.

Saat ini jumlah UKM yang telah bergabung pada Portal UKM Nasional SMEsta mencapai 1.521 UKM ekspor dan 9 Mitra Pendukung UKM. Kata Denny Tewu, sepanjang portal ini dikelola secara profesional dan berkesinambungan, tidak hanya untuk kepentingan politik semata, maka potensi sebagai motor penggerak ekonomi nasional akan sangat berdampak bagi pertumbuhan ekonomi secara Nasional.

“Portal ini berpotensi menjadi big data UMKM di Indonesia, dengan berbagai kebutuhan yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, akan terjadi multiplyer effect atas semua kegiatan ekonomi kecil, menengah hingga besar di Indonesia, kita sadari bahwa dukungan ekonomi kecil sangat besar mempengaruhi ketahanan perekonomian Indonesia, untuk itu saya sangat mendukung program tersebut dijalankan secara serius,” pungkasnya.

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya