Pendiri lembaga survei KedaiKopi sekaligus pengamat politik Hendri Satrio memberi beragam tanggapan soal ini.

Menurutnya, Rizal Ramli sudah memiliki kualitas dan pantas mencalonkan diri sebagai calon presiden dalam perhelatan kontestasi politik 2024.

“Rizal Ramli ini tokoh luar biasa. Memiliki banyak pandangan positif dan terobosan ide brilian,” ujarnya kepada GenPI.co, Rabu (1/12).

Dirinya juga menyoroti soal petisi yang dibuat Rizal Ramli. Menurut Hendri Satrio, hal tersebut sangat diperbolehkan di negara demokrasi.

“Terkait dukungan yang dia minta, enggak apa-apa juga. Kan, kita semua ini dijamin oleh undang-undang menjadi cikal bakal calon presiden juga sebenarnya,” ucapnya.

Sebab, menurutnya, sosok tersebut punya pilihan untuk dipilih atau mencalonkan diri sendiri untuk memunculkan calon presiden alternatif dalam Pilpres 2024 nanti.

“Sekarang, tergantung daari diri kita sendiri. Kita mau mencalonkan diri atau akan dicalonkan oleh orang lain? Yang dilakukan oleh Rizal Ramli ini enggak ada yang salah, menurut saya bagus dan baik,” katanya.

Di sisi lain, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai cara Rizal Ramli dalam mencalonkan diri sendiri merupakan ide brilian.

“Ini ide yang luar biasa dan juga brilian. Memang Pilpres identik dengan oligarki, tapi kali ini figur yang potensial maju mencalonkan diri,” ujar Jerry.

Menurutnya, dari sisi sumber daya manusia, Rizal Ramli merupakan tokoh fenomenal dan sudah memiliki kualitas mumpuni sebagai calon presiden.

“Saya mendukung langkah positif Rizal Ramli, membuat petisi disini akan kelihatan dimana rakyat mencintai tokoh asal Sumatera Barat ini,” tandasnya.