Pengamat Ungkap Alasan PDI-P Ogah Pilih Ganjar

ESENSINEWS.com - 2 minggu Yang Lalu
Pengamat Ungkap Alasan PDI-P Ogah Pilih Ganjar
 - (Foto : Jerry Massie)

ESENSINEWS.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie pesimis Gubernur Jawa Tengah Gànjar Pranowo dengan mudah memperoleh tiket PDI Perjuangan untuk maju di Pilpres 2024.

Meskipun sudah memiliki modal eletabilitas yang tinggi, Jerry mengatakan jika tak ada kendaraan politik, maka hal itu menjadi mubazir. “Saya kira wajar tokoh siapa pun itu berada di singgasana dalam survei, tapi figur Ganjar saya lihat bakal terganjal pada pilpres 2024 mendatang,” ucapnya dalam webinar bertajuk ‘Ganjar Terganjal di Pilpres 2024’, Kamis (30/9/2021).

Beda halnya denga Prabowo Subianto. Kata Jerry, mantan Danjen Kopassus itu akan dengan mudah melanggang ke Pilpres 2024 karena posisinya sebagai Ketua Umum Partai Gerindra. “Begitu juga dengan Puan Maharani bakal diusung PDIP dan Golkar ada Airlangga Hartarto. Tapi Ganjar tak punya partai,” jelasnya.

Di sisi lain, Jerry juga menyoroti angka kemiskinan selama Ganjar memimpin Jawa Tengah hampir dua periode. Merujuk data Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Provinsi Jateng menunjukkan, angka kemiskinan di sana tertinggi secara nasional dua kali berturut-turut.

Berdasarkan data itu, pada tahun 2019, penduduk miskin di pedesaan sebanyak 12,26 persen atau 2,08 juta jiwa. Adapun penduduk miskin di perkotaan sebanyak 8,99 persen atau 1,6 juta jiwa. Penduduk miskin, baik di perkotaan maupun perdesaan, diketahui bekerja sebagai buruh tani, petani tanpa lahan, buruh industri kecil, kuli bangunan, pedagang asongan dan pekerja serabutan.

“Ganjar belum mampu untuk memimpin bangsa yang cukup besar ini, kendati pun dalam sejumlah survei yang menempatkan dia di posisi teratas tapi untuk menjadi presiden masih terlalu dini. Gaya politik pencitraan masih kuat, sedangkan saat ini publik sudah bisa mengerti dengan model seperti ini bersepeda dan foto selfie dan sebagainya,” imbuh Jerry.

Direktur Eksekutif P3S ini pun mengkritik bagaimana gaya turun ke masyarakat yang tetap dipertahankan Ganjar Pranowo, sementara yang demikian sudah dilakukan Jokowi. Hal tersebut lah yang menurut Jerry, membuat Ganjar bakal kesulitan ketimbang nama-nama lain di PDI Perjuagan yang sudah pasti diproyeksikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri di Pilpres 2024

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya