GOP Persulit Demokrat Menangkan Gedung Putih di Nebraska

ESENSINEWS.com - 4 minggu Yang Lalu
GOP Persulit Demokrat Menangkan Gedung Putih di Nebraska
 - ()

ESENSINEWS.com — Peta politik baru yang diusulkan oleh Partai Republik Nebraska tidak hanya akan mempersulit Demokrat untuk memenangkan salah satu dari tiga kursi DPR negara bagian itu — tetapi juga akan membuat sedikit lebih sulit bagi Demokrat untuk memenangkan Gedung Putih.

Nebraska adalah salah satu dari hanya dua negara bagian yang membagi suara Electoral College berdasarkan distrik kongres, daripada sistem pemenang-ambil-semua. Itu memungkinkan Presiden Joe Biden untuk mengklaim salah satu dari lima suara elektoral negara bagian tahun lalu, bahkan saat ia kehilangan Nebraska dengan 20 poin persentase.

Sekarang Partai Republik di legislatif Nebraska mengusulkan pemisahan Distrik Kongres ke-2, yang dimenangkan Biden, di peta baru mereka. Perubahan itu akan membuat distrik bergoyang di sekitar Omaha, kota terbesar di negara bagian itu, lebih bersifat Republik. Itu juga akan mempersulit calon presiden dari Partai Demokrat untuk menang.

Memenangkan kursi kepresidenan tidak datang ke satu suara elektoral sejak tahun-tahun awal Amerika Serikat. Namun, setiap satu dari 538 suara elektoral bangsa itu berharga. Pemungutan suara tunggal Electoral College – kadang-kadang dijuluki “titik biru” di lautan merah negara bagian – sudah cukup untuk membuat Omaha menjadi perhentian reguler di sirkuit kampanye presiden Demokrat.

Peta GOP telah disetujui dalam pemungutan suara komite garis partai di legislatif Nebraska Kamis dan akan maju ke lantai legislatif satu kamar, yang secara resmi nonpartisan, meskipun dikendalikan oleh Partai Republik. Demokrat menentang peta dan GOP tidak memiliki cukup legislator untuk mengatasi filibuster, sehingga kemungkinan peta akhir akan menjadi semacam kompromi.

Republicans in Nebraska hope to redraw the state's congressional boundaries to make it harder for Democrats to  win seats in Congress and electoral college votes, which are divided by district. (AP Graphic)

Partai Republik di Nebraska berharap untuk menggambar ulang batas-batas kongres negara bagian untuk mempersulit Demokrat untuk memenangkan kursi di Kongres dan suara perguruan tinggi pemilihan, yang dibagi berdasarkan distrik. (Grafik AP)

Kritikus mengatakan proposal saat ini dapat secara efektif membatalkan undang-undang 1991 yang didukung oleh Demokrat yang membagi suara Electoral College negara bagian. Di bawah sistem saat ini, pemenang masing-masing dari tiga distrik mendapat satu suara elektoral. Dua tambahan suara Electoral College yang diperoleh negara bagian, satu untuk masing-masing senatornya, diberikan kepada pemenang keseluruhan negara bagian.

“Tidak diragukan lagi bahwa Partai Republik ingin menang di sana, dan mereka melakukan apa yang mereka pikir diperlukan untuk melakukan itu,” kata mantan Senator negara bagian Bob Krist, seorang Republikan yang berubah menjadi Demokrat yang bekerja dengan anggota parlemen GOP selama negara bagian itu. pemekaran terakhir satu dekade lalu.

Partai Republik mengatakan mereka tidak mencoba bermain-main dengan Electoral College. Tapi mereka tidak merahasiakan ketidaksenangan mereka pada pengaturan Nebraska.

“Demokrat tahu persis apa yang mereka lakukan,” kata Ryan Hamilton, direktur eksekutif Partai Republik Nebraska. “Mereka bersembunyi di balik retorika yang mulia dan populis ini, dan itu menguntungkan mereka. Kenyataannya adalah, mereka menginginkan suara elektoral itu, dan kami juga menginginkannya.

 

 

Sumber : AP

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya