Terlibat Skandal Pelecehan, Tiga Gubernur New York dari Partai Demokrat Mengundurkan Diri

ESENSINEWS.com - Rabu/11/08/2021
Terlibat Skandal Pelecehan, Tiga Gubernur New York dari Partai Demokrat Mengundurkan Diri
 - ()

Sudah 15 tahun sejak seorang gubernur New york meninggalkan jabatannya tanpa skandal dan sejak seorang Republikan memegang jabatan itu. Gubernur Republik George Pataki, yang menggulingkan Gubernur Mario Cuomo pada tahun 1995 dan melanjutkan untuk melayani tiga periode, meninggalkan kantor pada akhir tahun 2006.

Pataki digantikan oleh Gubernur Eliot Spitzer, mantan jaksa agung, yang mengundurkan diri setelah hanya dua tahun menyusul skandal yang melibatkan jaringan prostitusi mahal.

Penggantinya, mantan Letnan Gubernur David Paterson, tidak mengundurkan diri; namun, dia membatalkan kampanyenya untuk masa jabatan penuh pada 2010 di tengah tuduhan bahwa pemerintahannya melakukan intervensi yang tidak semestinya setelah seorang wanita menuduh salah satu pembantu dekatnya melakukan kekerasan dalam rumah tangga.

Dan Gubernur Andrew Cuomo, putra Mario Cuomo dan mantan jaksa agung lainnya, mengumumkan pengunduran dirinya Selasa sore menyusul penyelidikan yang memberatkan atas tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan oleh 11 wanita.

Mantan Gubernur New York George Pataki, seorang Republikan, dalam file foto tahun 2015. (Foto AP/Jim Cole)

Mantan Gubernur New York George Pataki, seorang Republikan, dalam file foto tahun 2015. (Foto AP/Jim Cole)

Jaksa Agung New York saat ini Letitia James merilis hasil penyelidikan pekan lalu. Dituduh bahwa gubernur telah meraba-raba payudara atau pantat wanita, memberi mereka ciuman yang tidak diinginkan dan membuat komentar yang tidak pantas tentang kehidupan seks bawahan. Anggota parlemen negara bagian telah membahas pemakzulan sebelum pengumuman pengunduran diri, dan gubernur mungkin menghadapi kemungkinan tuntutan pidana juga.

“Hari ini menutup babak menyedihkan bagi seluruh New York, tetapi ini adalah langkah penting menuju keadilan,” kata James dalam sebuah pernyataan setelah pengumuman Cuomo.

Dia akan digantikan oleh Letnan Gubernur Kathy Hochul, mantan anggota kongres. Dia akan menjadi gubernur wanita pertama negara bagian itu dan, khususnya, dia adalah seorang moderat dari New York barat dan jauh dari sayap progresif Kota New York.

Dia menyebut dugaan perilaku Cuomo “menjijikkan dan melanggar hukum” dalam sebuah pernyataan pekan lalu dan mengatakan dia percaya para penuduh gubernur yang akan keluar.

Cuomo, yang telah membantah melakukan kesalahan, mengatakan Selasa pengunduran dirinya akan berlaku dalam 14 hari.

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya