Fakta : Dokter, Walikota dan Jenderal Perempuan Pertama di Indonesia asal Sulut

ESENSINEWS.com - Selasa/15/06/2021
Fakta : Dokter, Walikota dan Jenderal Perempuan Pertama di Indonesia asal Sulut
 - ()

ESENSINEWS.com – Selain Sulawesi Utara (Sulut) memiliki tokoh emansipasi wanita yang cukup tersohor yakni Maria Walanda Maramis, ternyata daerah berjuluk ‘Nyiur Melambai’ ini mengoleksi sejumlah perempuan hebat mulai dari dokter pertama, jenderal dan juga walikota perempuan pertama di Indonesia.

Walikota wanita pertama di Indonesia yakni Agustine Magdalena Waworuntu yang memimpin Manado sejak akhir 1949 namun baru diresmikan pada Maret 1950.

Wanita Kelahiran 4 Juni 1899 ini karib dipanggil Tiene ini menjadi walikota melalui sebuah pemelihan umum (terbatas).

Selain walikota ternyata Dokter perempuan pertama di Indonesia juga berasal dari Sulut. Marie Thomas, namanya. Marie Thomas lahir di Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara pada 17 Februari 1896 dari pasangan Adriaan Thomas dan Nicolina Maramis. Ayahnya adalah seorang tentara, sehingga kerap berpindah – pindah dari satu kota ke kota yang lainnya.

Sedangkan Brigjen Pol Jeane Mandagi tercatat menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen) pada tahun 1991. Dia menjadi wanita pertama di Indonesia yang menyandang pangkat jenderal di tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kini memiliki beberapa Polisi Wanita (Polwan) bergelar jenderal.

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya