Taklukan Max Verstappen, Hamilton Raih Gelar GP Spanyol

oleh

ESENSINEWS.com – Lewis Hamilton mengalahkan Max Verstappen dalam duel menegangkan untuk memenangkan Grand Prix Spanyol dan meningkatkan keunggulan klasemen atas rival utamanya pada hari Minggu.

Pemain Verstappen Red Bull menyisihkan Hamilton yang duduk di tiang ke tikungan pertama untuk merebut keunggulan awal.

Tapi penggunaan dua pit stop Mercedes untuk memberi Hamilton ban yang lebih segar di peregangan terakhir terbayar dan memungkinkan dia untuk menyalip pembalap Belanda itu dengan enam lap tersisa.

“Red Bull memiliki awal yang bagus,” kata Hamilton. “Saya sedang berburu …. Masih jauh untuk kembali dari, 20 detik yang lalu. Tapi itu pertaruhan yang bagus. “

Hamilton mengikuti pole ke-100nya pada hari Sabtu dengan meraih kemenangan ke-98 dalam karirnya. Dia juga menyamai rekor enam kemenangan Michael Schumacher di Grand Prix Spanyol, termasuk lima kemenangan terakhir berturut-turut.

Hamilton menambah keunggulannya menjadi 14 poin atas Verstappen, yang meraih poin bonus untuk lap tercepat.

Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, mengarahkan Mercedesnya ke urutan ketiga.

Verstappen membuat Hamilton melompat dari garis start, memulihkan jarak langka yang memisahkan mereka di grid pada garis lurus pertama. Mereka memasuki tikungan pertama berdampingan dan tampak saling merumput sebelum Hamilton mundur, saat Verstappen menjauh.

Strategi ban superior dimulai pada lap 25 ketika Verstappen masuk untuk menukar ban lunaknya dengan medium yang lebih tahan lama. Hamilton tetap berada di luar untuk memimpin selama tiga lap sebelum dia menyerahkannya kembali ke Verstappen ketika dia harus mengganti bannya ke medium juga.

Even though Mercedes team principal Toto Wolff said before the race that he expected to make one pit stop, seeing Verstappen holding his lead must have changed his mind. Hamilton came in for a second time on lap 43 for a new set of tires.

When Hamilton got back on the track he asked his team “how far have I got to catch up?”

He was told: “Twenty-two seconds We’ve done it before.”

Verstappen saw Hamilton eating into this lead and told his team “I don’t see how we are going to make it to the end.”

He was right. Verstappen was unable to put up a fight when Hamilton caught and overtook him on the outside of a turn.

“Great job with the strategy,” Hamilton told the team over the radio upon crossing the finish line.

Meanwhile, Verstappen told his team: “It is what it is. It is impossible to keep him behind.”

Charles Leclerc dari Ferrari berada di urutan keempat, diikuti oleh Sergio Pérez di Red Bull lainnya.

Daniel Ricciardo berada di urutan keenam untuk McLaren. Carlos Sainz di Ferrari lainnya berada di urutan ketujuh, diikuti oleh Lando Norris dari McLaren, Esteban Ocon di Alpine dan Pierre Gasly untuk Alpha Tauri melengkapi sepuluh besar.

Pembatasan kesehatan telah membatasi penonton untuk balapan hari Minggu hingga seribu penduduk setempat yang menjadi anggota sirkuit. Pada 2019, 90.000 penggemar hadir.

“Ada seribu orang di sini, tetapi kami tahu ada ratusan ribu orang yang menonton dari rumah dan kami berharap mereka dapat segera kembali,” kata pembalap Spanyol Fernando Alonso setelah memberi hormat kepada segelintir penonton dalam penghormatannya.

Alonso finis di urutan ke-17 yang mengecewakan di Alpine-nya.

___

Balap mobil AP lainnya: https://apnews.com/hub/auto-racing dan https://twitter.com/AP_Sports

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *