Salah Nyanyikan Lagu Ramadhan, Iis Dahlia Dicibir Warganet

oleh
ESENSINEWS.com Profil Iis Dahlia belakangan viral di berbagai media. Penyanyi dangdut  senior asal Indramayu ini mencuri perhatian publik karena ia melakukan sedikit kesalahan ketika menyanyikan lagi bertema Ramadhan.
Padahal selama ini Iis Dahlia dikenal sebagai juri yang kritis terhadap para kontestan ajang pencarian bakat penyanyi dangdut. Namun, saat ia menyanyikan lagu ‘Ramadhan Tiba’ milik OpickIis Dahlia salah lirik dengan menyanyikan, “Marhaban Tiba, Marhaban Tiba”.

Kontan, video Iis Dahlia salah lirik pun mendapat cibiran warganet. Tentu kemudian tak sedikit yang ingin mengetahui kembali bagaimana profil Iis Dahlia, mengingat kiprahnya di dunia dangdut yang sudah dimulai sejak usia 15 tahun.

Profil Iis Dahlia

Iis Dahlia sendiri sebenarnya merupakan nama panggung. Nama aslinya adalah Iis Laeliyah. Ia dilahirkan di Indramayu, Jawa Barat, pada 29 Mei 1972 silam. Kiprahnya di dunia dangdut tanah air telah tercatat sejak tahun 1987, dan sejak itu pula ia terus meniti karir pada industri ini.

Ia memiliki dua orang anak dari dua pernikahan yang berbeda, yakni Salshadilla Juwita dari pernikahannya dengan Dadang Indradjaja, dan Devano Danendra dari pernikahannya dengan Satrio Dewandono.

Unggahan Iis Dahlia [Instagram/@isdadahlia]
Unggahan Iis Dahlia [Instagram/@isdadahlia]

Untuk pendidikan sendiri, ia tercatat pernah bersekolah di Bandung semasa SMP, sebelum pindah ke Jakarta untuk mengejar kesempatan dan karir di dunia dangdut.

Pada usia inilah jenjang karir mulai ditapakinya, dengan kontrak sebagai penyanyi tetap di Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Ria Monas. Pencapaian yang cukup tinggi untuk seorang gadis berusia 14 tahun bukan?

Karier Menyanyi

Karier Iis Dahlia sendiri cukup dikenal sejal kemunculannya. Dalam dunia dangdut on air, namanya pertama kali muncul di siaran TVRI pada tahun 1985.Kemudian selanjutnya ia sempat pula diminta menyanyikan lagu Mandarin yang dialihbahasakan, dan pernah pula ditipu seorang oknum pada kisaran tahun yang sama.

Jika berbicara karya, mungkin sosoknya tak lagi perlu diragukan. Segudang judul lagu pernah dinyanyikan, begitu pula dengan proyek kolaborasi, film, sinetron, hingga FTV dan acara-acara TV. D’Academy Asia misalnya, di sini ia diminta untuk menjadi dewan juri.

Kemudian pada FTV berjudul Putri Untuk Bunda yang tayang tahun 2016, ia juga masuk dalam cast-nya. Untuk lagu sendiri, mungkin salah satu yang paling ikonik adalah lagu berjudul Tamu Tak Diundang yang dinyanyikannya pada tahun 1990. Lagu ini juga menjadi titik dimana karirnya mulai meningkat.

Itu tadi sedikit ulasan Iis Dahlia yang belakangan viral karena salah lirik. Semoga apapun halangan yang tengah dihadapinya lekas berlalu.

 

 

Sumber : Suara.com

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *