Nama-nama ini Pantas di Reshuffle Menurut Wempy Hadir

oleh
ESENSINEWS.com – Direktur Eksekutif Indopolling Network, Wempy Hadir menilai, dalam melakukan perombakan atau reshuffle, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga harus melihat performance atau kinerja seluruh menteri.

“Harus ada pertimbangan performance dalam melakukan reshuffle kabinet. Ada evaluasi yang terukur terhadap kinerja menteri, jika tidak maka masyarakat hanya melihat reshuffle hanya sharing of power saja,” kata Wempy Hadir, dalam diskusi media “Reshuffle Kabinet : Siapa Masuk, Siapa Terdepak?”, di Jakarta, Jumat (16/4/2021).

Jika melihat dari kinerja dan sejumlah tolok ukur lainnya, diakui Wempy, ada sejumlah kementerian ataupun pejabat di lingkungan pemerintahan yang kinerjanya jauh dari harapan Presiden. Salah satunya terkait posisi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

“Posisi Moeldoko menjadi beban yang besar di pemerintahan Jokowi. Menurut saya Pak Jokowi tidak perlu ragu mengevaluasi Moeldoko,” ujarnya.

Untuk posisi menteri, setidaknya ada tiga posisi kementerian yang kinerjanya tidak terlalu menonjol, bahkan cenderung di bawah harapan masyarakat. Padahal, di masa seperti sekarang ini tentunya presiden butuh tim yang mampu membantu Indonesia segera keluar dari krisis sebagai akibat dari pandemi berkepanjangan

“Kedua posisi Menteri Desa. Saya tidak melihat ada progres yang kuat yang ditunjukkan Mendes. Ketiga Menteri Tenaga Kerja, belakangan banyak sekali suara dari pekerja-pekerja kita yang tidak mengalami advokasi dari Kementerian Tenaga Kerja, termasuk persoalan THR,” katanya.

Kemudian, posisi Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) yang juga dinilainya perlu untuk dikoreksi. Dirinya meyakini, kekacauan hukum yang terjadi belakangan juga tidak terlepas dari lemahnya kepemimpinan kementerian tersebut

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *