Isu Reshuffle, Jerry Massie : AHY Pantas Masuk Kabinet

ESENSINEWS.com - Jumat/16/04/2021
Isu Reshuffle, Jerry Massie : AHY Pantas Masuk Kabinet
 - ()

ESENSINEWS.com – Nama Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mulai dikait-kaitkan dengan isu reshuffle kabinet kerja Jokowi.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Kajian Pusat Kajian Kebijakan Publik Pemerintah Indonesia (Puskappi) Bobby Darmanto.

Menurut Bobby, AHY layak jadi pembantu Presiden Joko Widodo.

Posisinya sebagai menteri investasi yang pembentukannya turut disetujui di RAOAT paripurna DPR.

Perombakan kabinet saat ini tengah ramai diperbincangkan setelah rencana peleburan Kemenristek ke Kemendikbud dan pembentukan Kementerian Investasi disetujui dalam rapat paripurna DPR.

Sejumlah nama pun digadang akan keluar dari jajaran kabinet dan nama lainnya masuk mengganti. Termasuk AHY.

Direktur Kajian Puskappi Bobby Darmanto menilai AHY adalah figur yang paling layak menjadi Menteri Investasi ketimbang Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Menurutnya, Partai Demokrat pernah memimpin Indonesia dua periode silam. Melalui kepemimpinan SBY, ekonomi bisa tumbuh hingga enam persen, dan itu adalah angka yang belum pernah dicapai oleh pemerintahan sekarang.

Selain itu, perihal hubungan dan integrity Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kini pasti diwariskan kepada AHY, antara lain panggung dunia dan jaringan internasional seperti duta besar negara sahabat, baik dari Amerika, Eropa, dan Australia pun semuanya dekat dengan Partai Demokrat.

“Nah, merujuk pada stabilty, menarik Partai Demokrat ke dalam pemerintahan justru akan semakin meningkatkan stabilitas nasional, serta nilai harmonis bagi Indonesia. Ujungnya, ini akan menarik nilai Investasi lebih besar,” tutur Bobby.

“Dan singkatnya, jika dikerucutkan, sosok AHY adalah sosok paling tepat, karena mewarisi nilai-nilai yang dimiliki oleh SBY,” imbuhnya

Namun dorongan dari Puskappi ini hanya ditanggapi normatif oleh DPP Partai Demokrat.

Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra sebatas menekankan bahwa reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

“Reshuffle kabinet itu hak prerogatif presiden, bukan ranah partai,” ujarnya dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Jumat (16/4).

Herzaky melanjutkan bahwa saat ini Partai Demokrat, sebagaimana arahan dari AHY tengah fokus pada kerja-kerja politik kebangsaan dan menangani pandemi Covid-19.

“Sesuai arahan ketua umum AHY, kami sedang fokus melakukan kerja-kerja nyata untuk membantu rakyat yang terdampak bencana, seperti di Malang, NTT, dan NTB. Termasuk membantu rakyat yang terdampak pandemi,” tandasnya.

Sementara pengamat politik Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai Agus Hatimukti Yudhoyono pantas masuk kabinet.

“Sebetulnya AHY merupakan tokoh mileanal dan sudah melawati badai dn prahara partai. Bukan hanya punya pesona tapi kemampuan mengendailkan partai. Putra Presiden ke-6 ini sudah teruji dan layak masuk kabinet Jokowi,” kata Jerry.

Namanya terus bersinat apalagi sempat menggunguli Prabowo dalam sebuah survei ini berarti publik “welcome” akn sosok pemimpin muda ini.

Waktu reshuffle lalu, namanya sempat dikaitkan-kaitkan akan masuk kabinet, barangkali saat ini right time atau waktu yang tepat.

Tapi semua kata Jerry tinggal tergantung Jokowi sang pengambil kebijakan

Tinggalkan Komentar

Kolom

Mungkin Anda melewatkan ini

AHY dan Puan Tandem Ideal Pilpres 2024?

AHY dan Puan Tandem Ideal Pilpres 2024?

Dua Positif Covid-19 di Sulut Sempat Berkunjung ke Luar Negeri

Dua Positif Covid-19 di Sulut Sempat Berkunjung ke Luar Negeri

Menperin : Kedepan Industri Bisnis Platformnya Dikenal dengan Industri 4.0

Menperin : Kedepan Industri Bisnis Platformnya Dikenal dengan Industri 4.0

Ini 4 Komentar Amien Rais Terkait Pertemuan Jokowi-Prabowo di MRT Jakarta

Ini 4 Komentar Amien Rais Terkait Pertemuan Jokowi-Prabowo di MRT Jakarta

Mahasiswa UNJ: Semua Pihak Bisa Menerima Hasil Putusan MK

Mahasiswa UNJ: Semua Pihak Bisa Menerima Hasil Putusan MK

Tag

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya