ESENSINEWS.com, Manado – Salah satu kunci kemenangan pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw di perhelatan pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) dan 5 kota/kabupaten yakni Strategi politik ‘linear’, serta ‘snake and dove’ inilah strategi jitu PDI-P sukses di Sulawesi Utara.

Hal tersebut dikatakan Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie kepada wartawan Kamis (10/12/2020). Dengan keunggulan 56 persen ini membuktikan Olly Dondokambey masih disegani dan dicintai publik Sulut.

Kelihaian dan kemapanan politik mantan Wakil Ketua Banggar ini dan Bendahara PDIP ini tak diragukan lagi.

“Olly bikin pesaingnya Nasdem dan Golkar tak berdaya, Minut, Manado dan Bitung home base-nya Nasdem direbut Banteng Moncong Putih. Faktir penentu yang lain adalah Grand stretegy, grand design politik berjalan baik,” kata Jerry.

Dia menilai, konsep team work, hard work and work together menjadi kunci kemenangan PDIP.

Memang kata Jerry, partai PDI-P menentukan calon sangat selektif mulai dari kemapanan finansial sampai figur yang disukai publik.

“Memang partai lain tak punya konsultan dan kader mereka tak mampu meladeni Olly yang sudah malang melintang di tingkat nasional. Kekalahan Golkar penyebab utamanya saat mereka menendang tokoh senior dan tokoh berpengaruh seperti; Jimmy Rimba Rogi, Marhany Pua dan Stevanus Vreeke Runtu dan mantan Wakil Walikota Tomohon Sherly Sompotan. Dan ini dimanfaatkan PDIP,” ujar Jerry.

Memang head to head susah dikaji Jerry jauh-jauh hari agak sulit meruntuhkan hegemoni Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

“Ambisi ambyar dua tokoh perempuan di pantai selatan Tetty Paruntu dan Vonny Panampunan di pantai Utara belum mampu berbuat bnyak. Masin partai juga mereka tak berjalan.

Kunci kemenangan Olly juga ada di tokoh penting seperti Arthur Kotambunan (Manado), Fabian Kaloh (Bitung), Andy Silangen (Nusa Utara), James Tuuk dn Rocky Wowor di daerah Bolmong Raya.

Keuntungan lain saat PJS walikota/bupati di Clay Dondokambey (Minut), Mecky Onibala (Minsel) dan Edison Humiang (Bitung).

Strategi yang dijalankan berhasil. Ini bagian untuk mensterilkan wilayah perang.

“Kunci lain the power of media (kekuatan media). Contoh di Pilwako Manado Andrei Angouw juga putra Langowan menakai jasa media hampir 40 baik cetak dan online. Dan ini berhasil dalam menyampaikan pesan ke publik Manado,” kata Jerry.

Bukan itu saja, selain pasangannya Richard Sualang ikut mendongkrak keunggulannya. duo legislator ini mampu menggusur keperkasaan Walikota Vicky Lumentut yang mendukunng sang istri Paulina Runtuwene.

Selain itu ucapnya, konsep gagasan dan ide yang ditawarkan cukup realistis dan up to date.

“Olly menang di isu dan program saat debat, ini sangat menentukan bagi pemilih swing voters atau pemilih mengambang,” ujar Jerry.

Tapi semua itu juga, tak terlepas dari tim relawan sampai mileneal for OD-SK yang bekerja keras memenangkan sang petahana.

0Shares