ESENSINEWS.com – Sebuah akun Twitter mencatut nama Bank BRI  menggunakan kalimat twit yang sama dengan akun resmi Bank BRI, dan mengajak nasabah untuk berkomunikasi via WhatsApp.

Akun palsu itu yakni @BRI_ID1. Akun yang baru masuk Twitter pada November 2020 tersebut memuat foto profil yang sama dengan akun resmi bercentang biru Bank BRI @BANKBRI_ID. Nama akun palsu itu pun nyaris serupa dengan akun asli.

Dalam profil akun palsu itu tertulis kalimat yang mirip dengan akun resmi Bank BRI, yakni “Melayani dengan setulus hati / PT BANK RAKYAT INDONESIA.”

Akun @BRI_ID1 tidak memililki followers. Sementara, jumlah following-nya sebanyak 10 akun, di antaranya akun Twitter resmi @jokowi, akun resmi @NajwaShihab, dan akun resmi @FiersaBesari.

Hingga artikel ini dipublikasikan, akun palsu @BRI_ID1 sudah mengunggah 284 twit.

Akun ini cukup aktif membalas pertanyaan dan keluhan. Dalam sehari. jumlah twitnya bisa mencapai lebih dari 10 twit.

Sebagian besar twitnya merupakan balasan terhadap pertanyaan dari akun lain yang terkesan percaya bahwa akun @BRI_ID1 adalah akun resmi Bank BRI.

Twit balasan selalu sama, yakni meminta akun atau nasabah untuk menghubungi BRI Customer dengan cara mengklik tautan (link) yang disediakannya. Tautan itu terhubung ke live chat di WhatsApp.

Berikut isi pembicaraan akun palsu tersebut dengan akun lain:

Akun palsu itu bahkan ikut membalas twit yang masuk ke akun resmi bercentang biru BRI yakni @kontakBRI dan akun resmi BRI @BANKBRI_ID.

Akun resmi Bank BRI @BANKBRI_ID berkali-kali mengumumkan bahwa akun @BRI_ID1 adalah akun palsu dan terindikasi penipuan. Pengumuman itu dilakukan saat membalas pertanyaan dan keluhan nasabah.

“Mohon berhati-hati terhadap akun palsu dan indikasi penipuan. Akun @BRI_ID1 adalah akun palsu,” tulis akun resmi Bank BRI.

Akun resmi Bank BRI juga meminta agar nasabah tidak menginformasikan data seperti nomor kartu, kode CVC, masa berlaku (expired date) kartu, maupun kode OTP agar tidak terjadi transaksi yang tidak diinginkan nasabah.

Akun resmi Bank BRI juga mengumumkan akun palsu lainnya yakni akun @BANKBRI7_ dan @BANKBRI65156977

 

Sumber : Kompas.com

0Shares