ESENSINEWS.com – Walt Disney Co. mengumumkan rencana untuk memberhentikan 4.000 lebih karyawan, sebagian besar karena efek pandemi Covid-19.

Associated Press melaporkan, Sabtu (28/11/2020), perusahaan dalam laporan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS pada awal pekan ini mengatakan 32 ribu karyawan di divisi taman rekreasi akan diberhentikan pada paruh pertama tahun fiskal 2021, yang dimulai bulan lalu.

Pada akhir September, perusahaan telah mengumumkan rencana untuk memberhentikan 28 ribu pekerja taman hiburan. Perusahaan tidak mengatakan berapa banyak dari 4.000 karyawan tambahan yang bekerja di taman hiburan California atau Florida.

Dalam dokumen SEC yang diajukan pada malam Thanksgiving Day, perusahaan mengatakan juga menempatkan 37 ribu karyawan yang tidak dijadwalkan untuk pemutusan hubungan kerja karena cuti akibat pandemi.

Disney di Florida Buka Kembali, Karyawan Indonesia “Was-was” dan “Cemas”

“Karena iklim saat ini, termasuk dampak Covid-19, dan perubahan lingkungan tempat kami beroperasi, perusahaan telah menghasilkan efisiensi dalam kepegawaiannya, termasuk membatasi perekrutan untuk peran bisnis penting, cuti, dan pengurangan yang berlaku,” menurut isi dokumen tersebut.

Perusahaan juga mengatakan mereka mungkin melakukan lebih banyak pemotongan dalam pengeluaran seperti mengurangi investasi konten film dan televisi serta cuti tambahan dan PHK.

Di Florida, perusahaan telah membatasi kehadiran di taman dan mengubah protokol untuk memungkinkan jarak sosial.

Taman Disney ditutup pada bulan Maret karena pandemi mulai menyebar di AS. Taman Florida dibuka kembali pada musim panas, tetapi taman California belum dibuka kembali karena masih menunggu persetujuan pemerintah negara bagian dan lokal.

 

Sumber : AP/VOA

0Shares