Breaking News

Indonesia Nomor Tiga Pengguna Sepeda Motor Terbanyak di Dunia

ESENSINEWS.com – Menggunakan sepeda motor menjadi pilihan yang efektif untuk berpergian ke suatu tujuan. Terlebih ketika berkendara melewati jalanan yang terbiasa mengalami kemacetan yang cukup parah.
Sepeda motor bisa lebih efektif dan efesien waktu untuk menerobos kemacetan. Dari seluruh sepeda motor di dunia, 58% berada di kawasan Asia Pasifik dan kawasan Asia lainnya seperti Asia Selatan dan Timur. Berikut negara-negara dengan penggunaan sepeda motor tertinggi di dunia.

1. Thailand

“Surga” Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Sepeda Motor :87%

Tidak mengherankan bahwa Thailand dikenal sebagai “tanah 100 juta skuter.” Jalan-jalan
di Thailand dipenuhi dengan sepeda dari semua merek dan desain yang menuju ke arah yang berbeda. Menurut Pusat Penelitian Pew , 87% rumah tangga di negara itu memiliki setidaknya satu sepeda motor. Dengan 18 juta rumah tangga, setidaknya ada 15 juta sepeda di negara ini.

Menurut BBC, ada hingga 20 juta sepeda motor terdaftar di negara itu dan satu juta lagi yang tidak terdaftar. Thailand jugamemiliki kematian akibat kecelakaan sepeda motor tertinggi di dunia dengan rata-rata 5.000 kematian pengendara sepeda motor tercatat setiap tahunnya.

2.Vietnam

“Surga” Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Sepeda Motor : 86%

Sepeda motor adalah alat transportasi paling populer di Vietnam, sebuah negara dengan populasi lebih dari 90 juta orang. Ada sekitar 45 juta sepeda di negara ini, dengan 86% rumah tangga memiliki setidaknya satu. Penjualan kendaraan roda dua terus tumbuh meskipun ada pembicaraan tentang pasar yang jenuh. Sebagian besar jalan ibukota Hanoi telah diambil alih oleh sekitar 5 juta sepeda motor. Karena jumlah sepeda di jalan dan kemacetan yang disebabkan, pemerintah Vietnam berencana untuk mengurangi jumlah sepeda di jalan.

3.Indonesia

“Surga” Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Sepeda Motor : 85%

Jakarta, ibukota Indonesia , adalah salah satu tempat terburuk di dunia untuk lalu lintas. Sekitar 15 juta sepeda motor melewati kota setiap hari dibandingkan dengan hanya 5 juta mobil. Secara umum, Indonesia adalah pasar terbesar untuk sepeda motor dan skuter di dunia.

Menurut survei yang dilakukan oleh AISI, ada sekitar 80 juta sepeda di negara ini. Sekitar 85% rumah tangga memiliki setidaknya satu sepeda motor dan menggunakannya sebagai alat transportasi utama untuk semua anggota keluarga.

4. Malaysia

“Surga” Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Sepeda Motor : 83%

Dengan populasi 32 juta orang, Malaysia memiliki sekitar 7 juta rumah tangga di mana 5,8 juta rumah tangga memiliki sepeda motor. Secara keseluruhan, ada sekitar 13 juta sepeda di negara ini, hampir sama dengan jumlah mobil. Namun, sebagian besar pengguna jalan adalah pengendara sepeda motor. Dengan demikian, pengendara sepeda membentuk sebagian besar kematian di jalan raya di negara ini. Terlepas dari bahaya mereka, sepeda motor adalah alat transportasi yang nyaman di Malaysia.

5.China

“Surga” Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Sepeda Motor : 60%

Kementerian Keamanan Publik Republik Rakyat China mengungkapkan bahwa hingga akhir Juni 2020
jumlah kendaraan motor yang beredar di China mencapai 360 juta unit. Dari jumlah itu, sebanyak 68,9 juta adalah pengguna sepeda motor. Beijing merupakan kota dengan jumlah kendaraan bermotor tertinggi dengan angka lebih dari 6 juta unit, diikuti oleh Chengdu, yang memiliki lebih dari 5 juta unit.

6.India

“Surga” Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Sepeda Motor : 47%

Mengutip Motorcycles Data, India merupakan salah satu pangsa pasar sepeda motor terbesar di dunia. Penjualan motor pada tahun 2019 tercatat sebanyak 18,5 juta unit, smentara sepanjang tahun fiskal 2017/2018, ada lebih dari 20 juta motor yang terjual di tanah Hindustan. Meski mengalami penurunan namun penjualan di India tercatat masih yang terbanyak di dunia.

7. Pakistan

“Surga” Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Sepeda Motor :43%

Di Pakistan, seperti Indonesia, kendaraan roda dua adalah moda transportasi yang paling banyak
digunakan rakyat kecil. Tahun 2019, penjualan sepeda motor di Pakistan berjumlah 1,67 juta unit.

Sebelum adanya pandemi covid 19, Pakistan menjadi salah satu negara di mana industry automotifnya
termasuk dalam hal ini sepeda motor mengalami booming.

8.Nigeria

“Surga” Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Sepeda Motor : 35%

Berdasarkan data Yamaha, pasar sepeda motor di Nigeria mencapai 1,3 juta unit pada 2013, dan diprediksi mencapai 1,8 juta unit pada 2020. Bahkan Nigeria saat ini juga sudah berhasil memproduksi sepeda motor lokal bernama Naseni M1, sepeda motor yang 100% dikembangkan dan dibangun di negeri sendiri.

9.Filipina

“Surga” Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Sepeda Motor : 32%

Filipina menjadi salah satu negara dengan pembeli sepeda motor terbanyak di ASEAN. Setidaknya sekitar 1,7 juta unit sepeda motor dibeli oleh warga yang dipimpin Rodrigo Duterte ini. Pertumbuhan infrastruktur industri yang digenjot pemerintah diduga berdampak positif pada tren pembelian sepeda motor.

10. Brasil

“Surga” Sepeda Motor di Dunia, Indonesia Urutan Ketiga

Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Sepeda Motor : 29%

Secara total (semua merek) penjualan sepeda motor di Brasil pada 2013 mencapai 1.532.656 juta unit. Menurut Departemen Lalu Lintas Nasional, negara ini memiliki 23 juta armada sepeda motor pada 2014.Sementara menurut data statista.com, pada tahun 2018, sebanyak 26,29% responden Brasil menyatakan telah memiliki sepeda motor.

Sumber: www.worldatlas, www.motorcycles data
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *