ESENSINEWS.com –  Kali perdana dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B-KBD memimpin rapat paripurna sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara, Senin (26/10/2020).

Seperti diketahui Andi menggantikan Andrei Angouw usai dirinya maju pemilihan walikota (Pilwakot) Manado.

Putra asli Nusa Utara ini bersyukur lantaran dipercayakan mengemban tanggung jawab sebagai pimpinan legislatif. Dia pun berjanji tidak akan menyalahgunakan amanah tersebut.

“DPRD yang terhormat, hadirin yang berbahagia, dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, saya menerima jabatan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara. Sambil mengucap syukur dalam nama Tuhan Yesus Kristus, saya akan melanjutkan rapat paripurna DPRD hari ini,” ucapnya saat membuka rapat paripurna.

Memang menurutnya tidak mudah menjadi pemimpin di tengah pandemi. Namun dia tetap optimis dan berupaya semaksimal mungkin, untuk mendedikasikan jabatannya demi kesejahteraan rakyat di Bumi Nyiur Melambai.

“Menjadi Ketua DPRD berarti menggenggam tanggung jawab yang lebih besar lagi. Apalagi kondisi masyarakat saat ini sedang mengalami pencobaan, dengan adanya pandemi Covid-19 yang berdampak sangat luas di berbagai bidang masyarakat,” ujanya.

“Saya melihat posisi baru saya ini sebagai tanggung jawab, sekaligus tantangan yang harus saya jalani. Saya akan membuktikan kepada masyarakat dengan bekerja secara optimal, dan sebaik-baiknya sebagai Ketua DPRD bagi kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara,” tandas dia.

Disatu sisi, Andi punya fokus membangun koordinasi yang solid dan sinergis bersama rekan sejawatnya. Baik antar anggota dewan maupun lintas fraksi. Karena menurutnya, ini merupakan kunci utama dalam membuahkan kerja-kerja legislatif yang optimal.

“Tugas utama saya adalah mengkoordinasikan dan memberikan dukungan penuh kepada rekan-rekan saya, para anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara dalam menjalankan tugas DPRD secara maksimal. Perspektif saya mengenai tugas baru saya ini adalah, sebagai penunjang tugas sesama anggota dewan, dalam melaksanakan tugas dan fungsi membentuk peraturan daerah, membahas dan menetapkan anggaran, dan melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah,” jelasnya.

“Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan tugas kedewanan. Dimana kita akan membahas, memberikan solusi, dan membuat kebijakan bersama pemerintah. Ini wujud nyata tanggung jawab moral seluruh masyarakat Sulawesi Utara yang telah memberikan mandat dan kepercayaan kepada kita, untuk berada di gedung milik rakyat yang terhormat ini,” terang legisaltor PDIP ini.

Semua sinergitas itu ditujukan untuk menggoalkan kepentingan masyarakat semata. Ini yang menjadi prioritas Andi CS.

Lebih dari itu kata dia, anggota DPRD ditugaskan untuk berbicara, tapi berbicara yang bermakna. Juga berbobot dan bernilai tambah, dalam memberikan solusi terhadap persoalan yang muncul.

Selain itu, tugas DPRD Provinsi Sulawesi Utara adalah bekerja bersama pemerintah Sulawesi Utara, dalam membuat kebijakan pemerintah yang baik, untuk kesejahteraan masyarakat Sulut.