Mahfud MD Amini RR Soal Isu 92 Persen Balon Pilkada Dibiayai Cukong

ESENSINEWS.com – Isu bakal calon kepala daerah dibiayai cukong untuk maju di Pilkada turut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

Tak tanggung-tanggung, tokoh Suluh Kebangsaan itu menyebut angka yang nyaris sempurna mengenai sumber dana para calon kepala daerah.

“Di mana-mana, calon-calon (kepala daerah) itu 92 persen dibiayai oleh cukong dan sesudah terpilih, itu melahirkan korupsi kebijakan,” kata Mahfud dalam diskusi bertajuk ‘Memastikan Pilkada Sehat: Menjauhkan Covid-19 dan Korupsi’ yang disiarkan akun Youtube Pusako FH Unand, Jumat (11/9/2020).

Bahkan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengatakan, kehadiran para cukong dalam proses demokrasi di Indonesia telah lama hadir setelah pemilu terbuka, alias pemilihan dilakukan langsung oleh rakyat.

Para cukong ini, dijelaskan Mahfud, bekerja sama dengan calon kepala daerah untuk mendapat keuntungan dari kebijakan yang akan dikeluarkan saat memenangkan pemilu.

“Korupsi kebijakan itu lebih berbahaya dari korupsi uang. Kalau uang bisa dihitung, tapi kalau kebijakan dalam bentuk lisensi penguasaan hutan, lisensi-lisensi penguasaan tambang yang sesudah saya periksa itu tumpang tindih,” papar Mahfud.

“Karena ada undang-undang yang menyatakan misalnya, seorang Bupati itu boleh memberi lisensi eksplorasi tambang untuk sekian persen luasnya daerah,” sambungnya.

Adapaun realisasinya, Mahfud melihat lisensi yang diberikan kepala daerah kepada para cukong-cukongnya itu lebih luas dari yang seharusnya. Banyak kepala daerah yang juga berinisiatif membuka izin baru bagi para cukong yang pernah membantu membiayai masa kampanyenya.

Sebelum Mahfud MD, ekonom senior Rizal Ramli juga telah mengungkap adanya keterlibatan dan keterikatan cukong dengan proses pemilu yang ada di Indonesia. Hal itu pula yang menjadi salah satu argumentasinya menggugat Pasal 222 UU 7/2017 tentang Pemilu yang mengatur soal ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold

 

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KPK Bidik Korporasi PT Waskita Karya

Jum Sep 11 , 2020
ESENSINEWS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung memeriksa total 14 saksi kasus dugaan korupsi pelaksanaan pekerjaan subkontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero). Ke-14 saksi itu diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka mantan Kepala Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya yang juga mantan Dirut PT Jasa Marga Desi […]