Kabareskrim Jawab Ekspektasi Publik Terhadap Polri

Oleh : Azmi Hidzaqi 
(Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia- LAKSI)

Publik mengapresiasi gebrakan awal yang sudah dikerjakan oleh Kabareskrim. Penangkapan Djoko Tjandra menjadi salah satu bukti menjawab keraguan publik tentang sosok Komjen Listyo Sigit.

Ternyata sosok Komjen Listyo Sigit merupakan sosok yang tepat dalam menahkodai Bareskrim, beliau mampu menjawab keraguan publik dengan kerja nyata. Dengan profesionalisme Komjen Listyo Sigit mampu menjawab keraguan publik selama ini, adanya keberhasilan dalam penangkapan Djoko Tjandra merupakan salah satu poin meningkatkan kepercayaan publik kepada institusi polri.

Selain itu juga Kabareskrim yang dipimpin oleh Komjen Listyo Sigit mampu mengkonsolidasikan jajarannya agar dapat menjadi garda terdepan dalam penegakan hukum di masa pandemi Covid 19, yang salah satu tugasnya melakukan pencegahan dan pengungkapan kejahatan terhadap maraknya penimbunan bahan makanan, kejahatan siber, impor/ekspor APD dan kejahatan obat-obatan.

Oleh karena itu, beliau menjadi penanggung jawab Satgas V Gakkum Aman Nusa, Penegak Hukum Selama Pandemi Covid-19, dalam rangka bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Fokus utamanya yakni pencegahan, penanggulangan dan penegakan hukum,”

Selain itu, Komjen Listyo Sigit juga meminta Tim Satgas V Gakkum Operasi Aman Nusa II Polri membantu pemerintah mengawasi pelaksanaan pemberian bantuan sosial (bansos) di berbagai daerah.

Tujuannya agar tidak terjadi pemotongan dana hingga tidak sampainya bansos kepada masyarakat

Begitu pula Kapolri perintahkan Kabareskrim untuk melakukan pengawasan dan pencegahan korupsi dana anggaran Covid-19 yang bersumber dari APBN.

Tugas dari Kapolri ini merupakan amanat besar dalam menyelamatkan uang negara, Kabareskrim dengan tegas akan melakukan penindakan terhadap penyelewengan dana covid 19, intinya, Kabareskrim sanggup dan komit melaksanakan tugas yang di amanatkan kepadanya, keberhasilan Kabareskrim dalam menyelamatkan uang negara merupakan harapan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Komjen listyo Sigit punya rekam jejak yg baik dan pengalaman di Bareskrim, jadi tentunya beliau sudah memahami dan mumpuni untuk urusan Reskrim.

Masyarakat semakin yakin bahwa kabareskrim dapat memberikan rasa adil bagi pencari keadilan dan mampu mengembalikan kepercayaan publik kepada polri.

Masyarakat juga yakin Kabareskrim Polri dapat membangun kerja sama dengan KPK antara kedua lembaga penegak hukum ini menjadi lebih baik. Publik berharap bahwa kerja sama antara KPK dengan Polri akan menjadi lebih solid lagi, terutama untuk pencegahan korupsi, semoga dapat tercapai harapan masyarakat.

Melalui tulisan ini kami berharap dapat memberikan pandangan yang objektif soal peran serta Kabareskrim dalam meningkatkan opini positif Polri di mata masyarakat.

 

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPP Partai Berkarya Gelar Persiapan Rakernas dan Pembekalan Anggota DPRD

Kam Agu 13 , 2020
ESENSINEWS.com — Partai Beringin Karya (Berkarya) akan melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Pembekalan Anggota DPRD Partai Berkarya, akan dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu 14-16 Agustus 2020 di Hotel Singgasana, Surabaya. Pada rapat harian Rabu (12/8/2020) diputuskannya kegiatan ini. Dan akan dihadiri oleh seluruh pengurus harian, Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan […]