Pengamat : Langkah Erick Thohir Rekturisasi BUMN sudah Tepat

ESENSINEWS.com - Senin/15/06/2020
Pengamat : Langkah Erick Thohir Rekturisasi BUMN sudah Tepat
 - ()

ESENSINEWS.com, JAKARTA – Langkah brilian dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir dalam membenahi kementerian tersebut, akni merekturisasi BUMN.

“Saya nilai Erick Thohir sudah baik kepemimpinannya. Beliau sosok pemimpin tegas, kompeten dan kredibel. Kritikan Adian ke Erick salah alamat. Dia (Adian-red), perlu tahu karakteristik seseorang, Erick saya pelajari anti titipan dia itu punya Fit and Proper Test (FPT) tersendiri,” kata pengamat Politik Political and Public Policy Studies.

Dia berpendapat cara ET menilai berdasarkan etos dan efektivitas kerja. Andrinof Chaniago saja dan Jubir Presiden Fajroel Rahman diganti sebagai Komut di perusahaan plat merah ini. Padahal mereka orang dekat Jokowi.

“Bagi saya Adian urus saja Tupoksinya di DPR. Waktu lalu berapa orangnya duduk di BUMN. Biasalah tour of duty dalam kepemimpinan,” ucap Jerry.

Lanjut kata Jerry, situasi Ini akan memperburuk brand image atau citra partai berlambang banteng ini. Setidaknya, Megawati mengarahkan anak buahnya agar memiliki etika.

“Tak pantas jika ada unsur paksaan. Dekatilah dengan cara-cara cantik dan elegan. Masukan saja nama-nama yang berkompeten pasti akan dilirik Erick.
[Mereka juga beda Komisi ini bagian Komisi VI sedangkan Adian Komisi I. Jadi memang kurang nyambung,” ujar Jerry.

Menurutnya, beda urusan dia di legiatif sedangkan Erick eksekutif. Kritik ada yang mempermalukan, menjual nama naik, mengintimidasi atau mengingatkan, mendorong, memberikan masukan yang konstruktif, menunjukan kepedulian atau ada rasa hormat.

Jadi Jerry mengingatkan, jangan mengkritik dasar sakit hati lantaran keinginan tak terkabul. Ini kan bisa masuk ke abuse of power. Bagian Tipikor juga adalah menggunakan power atau kekuasaan untuk menempatkan jabatan.

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya