Wujudkan Speed Recovery, Pemerintah dan Pengusaha harus Bersinergi

ESENSINEWS.com — Reynold Wuisan menanggapi serius permintaan dibukanya pusat perbelanjaan di tengah tantangan pandemi Covid-19.

“Salah satu sikap perlawanan terhadap pandemi Covid-19 secara global bukan hanya beradaptasi dengan media ‘electronic atau digitalisas,” kata Reynold Wuisan Jumat (12/6/2020).

Namun selain itu menurutnya, butuh kiat khusus untuk ekonomi yang lebih baik.

“Tapi harus mampu membuat strategi jitu demi keberlangsungan tatanan ekonomi secara aktual di Kota Manado tetap hidup,” ujarnya.

Menurut anggota Komisi II DPRD Manado ini, beberapa sektor ril seperti pusat ‘grocery’ (bahan makanan) dan kuliner sudah menjadi kebutuhan pokok dan gaya hidup masyarakat urbanisme yang saat ini sudah sulit dihilangkan.

“Menanggapi himbauan Kementerian Perdagangan RI, maka sebaiknya pemerintah daerah dan pelaku usaha membuat kajian dan solusi yang mampu diimplementasikan kepada konsumen yang tak lain adalah warga kota,” imbuhnya.

Ditekankannya, menghadapi situasi saat ini harus ada pergerakkan untuk membangkitkan kembali ekonomi negara.

“Sampai kapan kita merebahkan diri dan menjadi penonton atas pandemi Covid-19 ini. Akibatnya pengusaha di sektor ril tidak bisa produktif lagi dan berpengaruh kepada pendapatan asli daerah (PAD),” tegasnya

Tanpa disadari menurutnya, pandemi ini terus menggerogoti sistem ekonomi negara.

“Situasi ini akan berdampak kepada penyelenggara pemerintahan karena di sana masih banyak program pemerintah yang belum direalisasikan demi kepentingan masyarakat luas” ujar Ketua HIPMI Sulawesi Utara ini.

Oleh karena itu, sangat penting menurutnya, pemerintah dan pengusaha harus bekerjasama untuk pemulihan ekonomi.

Ini yang saya sebut speed recovery atau pemulihan secara cepat khususnya dalam konteks recovery ekonomi, sebaiknya pemerintah bersinergi dengan pengusaha untuk mendapatkan solusi tepat agar ekonomi kembali membaik,” ungkapnya.

Tetapi jika pusat perbelanjaan dibuka, dikatakannya butuh kesadaran tinggi untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Sudah pasti kesadaran kita akan budaya pola hidup sehat dan metode physical dan social distancing menjadi mutlak untuk diterapkan” tutup Wuisan yang juga sebagai Wakil Ketua Fraksi Demokrat Manado.

0 Reviews

Write a Review

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *