ESENSINEWS.com, MANADO –  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim secara virtual memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 Sabtu (02/5/2020) pagi.

Tak terkecuali Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) ikut dalam upacara peringatan Hardikas tersebut.

Barangkali peringatan tahun ini agak berbeda dengan Hardiknas sebelumnya, dimana kali ini Indonesia dilanda pandemi corona.

Tema yang diangkat “Belajar dari Covid-19”. Ya, itu karena saat ini dunia, termasuk Indonesia, dalam masa perang terhadap pandemi corona virus disease 2019 atau Covid-19.

Saat ikut upacara virtual dari kediamannya di Godbless Hill Malalayang Vicky mengatakan, kalau pandemi Covid-19 saat ini memang sangat mempengaruhi sendi-sendi kehidupan, termasuk di dunia pendidikan.

Saat ini sekolah masih diliburkan. Semua belajar mengajar dari rumah. Dan belum ditahui sampai kapan belajar dari rumah ini akan berlangsung.

Oleh karena itu, momen Hardiknas 2020 ini ujarnya, segenap bangsa Indonesia benar-benar harus belajar dari Covid-19, sebagaimana tema tahun ini.

“Selamat hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020. Dengan tema ‘Belajar dari Covid-19’, mari torang belajar dari Covid-19 dengan semakin arif dan bijaksana mengisi waktu dengan kesehatan yang Tuhan berikan,” tutur walikota.

Selanjutnya kata dia, Covid-19 mengajarkan banyak hal, salah satunya semakin taat kepada pemerintah.

“Patuh ikuti petunjuk pemerintah tentang protokol kesehatan, di rumah saja, jaga jarak 1-2 meter dengan orang lain, sering cuci tangan pakai sabun atau pakai hand sanitizer, pakai masker kalau keluar rumah atau bacerita dengan orang lain, ibadah di rumah, kerja dari rumah, belajar di rumah, makan makanan yang sehat,” ucapnya.

0Shares