ESENSINEWS.com – Upaya penanganan infeksi virus corona di berbagai negara di dunia masih terus dilakukan.

Melansir data dari laman Worldometers, hingga Minggu (3/5/2020) petang, total kasus Covid-19 di dunia terkonfirmasi sebanyak 3.478.152 kasus.

Berdasarkan pantauan dari laman tersebut, terdapat lima negara dengan jumlah kasus cukup tinggi untuk wilayah Asia Tenggara.

Singapura menjadi negara dengan jumlah kasus terbanyak, disusul secara berturut-turut oleh Indonesia, Filipina, Malaysia dan Thailand.

Kelima negara tersebut mencatat total kasus infeksi sebanyak 47.887 kasus dan korban meninggal dunia mencapai 1.628 orang, sementara pasien yang berhasil sembuh sebanyak 11.589 orang.

Berikut adalah perkembangan terkini dari penanganan kasus Covid-19 di lima negara tersebut.

Singapura

Negara Merlion ini mencatat ada 18.205 kasus infeksi virus corona di negaranya. Sebanyak 17 orang dinyatakan meninggal dunia sementara 1.347 pasien berhasil sembuh.

Sementara itu, diberitakan Kompas.com (2/5/2020) Singapura mengumumkan akan melonggarkan kebijakan lockdown parsial atau circuit breaker mulai pekan depan.

Pelonggaran dilakukan setelah menurunnya kasus infeksi komunal Covid-19 dalam seminggu terakhir.

Kasus infeksi komunal ini hanya dihitung dari kasus di masyarakat Singapura, tanpa memasukkan kasus di asrama pekerja asing.

Data terbaru menunjukan rataan kasus infeksi komunal virus corona turun setengah, dari rata-rata 25 kasus menjadi 12 kasus per minggu.

Singapura menunjukan kemajuan, namun angka infeksi komunal belum turun ke level satu digit.

“Pemerintah memutuskan menerapkan kelonggaran, namun belum semua pembatasan dapat dicabut dalam waktu bersamaan,” ujar Menteri Pembangunan Nasional yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19, Lawrence Wong, Sabtu siang (2/5/2020).

 

 

Sumber : Kompas.com

0Shares