Bos Djarum Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

ESENSINEWS.com – Majalah Forbes telah merilis daftar orang terkaya di dunia versi tahun 2020. Dari daftar 500 orang terkaya sejagat, ada empat Warga Negara Indonesia (WNI) masuk dalam daftar tersebut.

Budi Hartono dan Michael Hartono (Hartono Bersaudara) masih jadi orang terkaya di Indonesia. Lalu orang terkaya ketiga di Indonesia ditempati pemilik Indorama Sri Paskash Lohia.

Berikutnya ada bos Mayapada Group Dato Sri Tahir yang juga menantu Mochtar Riady (pendiri Grup Lippo), lalu selanjutnya ada nama Prajogo Pangestu yang mengendalikan Barito Pasific.

Dilansir dari Forbes, Rabu (8/4/2020), Budi Hartono yang berada di posisi orang terkaya dunia urutan ke-80 memiliki kekayaan sebesar 13 miliar dollar AS atau sekitar Rp 217,6 triliun (kurs Rp 16.000).

Adik Budi Hartono, Michael Hartono tercatat memiliki harta 13 miliar dollar AS atau sekitar Rp 208 triliun, sehingga menempatkannya di posisi ke-86 orang terkaya dunia.

Dikenal sebagai Hartono bersaudara, mereka menjadi pemilik dari perusahaan rokok Djarum dan bank swasta terbesar di Indonesia, Bank BCA.

Baik Djarum maupun BCA menjadi induk dari banyak anak perusahaan. Di luar rokok dan perbankan, Grup Djarum lewat GDP Venture, kini juga berekspansi dalam modal ventura yang banyak berinvestasi pada sejumlah perusahaan startup besar.

Mengutip situs GDP Venture, beberapa perusahaan yang disuntik modal oleh GDP Venture antara lain Kaskus, Gojek, tiket.com, Blibli. Perusahaan ventura ini juga berinvestasi pada sejumlah media berbasis online.

Bisnis Hartono bersaudara juga meluas ke elektronik, mereka adalah pemilik dari produsen pembuat barang-barang elektronik merek Polytron.

WNI lainnya yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes antara lain Chairul Tanjung, Martua Sitorus, keluarga Mochtar Riady, Peter Sondakh, dan Murdaya Poo.

Lalu berikutnya Theodore Rachmat, Djoko Susanto, Sukanto Tanoto, Low Tuck Kwong, dan Winarko Sulistyo.

 

 

Sumber : Kompas.com

0Shares

goeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kabar Duka, 2 Perawat Pasien Corona Meninggal Dunia

Rab Apr 8 , 2020
ESENSINEWS.com, JAKARTA – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) kembali menyampaikan kabar duka. Dua orang perawat pasien Corona di Indonesia dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini disampaikan melalui akun media sosial @dpp_ppni di Instagram pada Rabu (8/4/2020). Menurut Harif Fadhillah, ketua umum PPNI membenarkan kabar tersebut. Harif menyampaikan keduanya meninggal dalam status […]