Dirjen IK Kementerian ATR/BPN Membuka Rakerda BPN Gorontalo Serba Digital

oleh

ESENSINEWS.com, GORONTALO – Direktur Jenderal Infrastruktur Keagrariaan dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Adi Darmawan, mengapresiasi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) BPN Provinsi Gorontalo Tahun 2020 yang serba digital.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan Rakerda BPN Gorontalo yang telah banyak menunjukkan kemajuan, dan dengan tim kreatif milenial mampu menyelenggarakan Rakerda seperti pelaksanaan rakernas yang semuanya digital,” kata Adi Darmawan saat memberikan pengarahan sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah BPN Provinsi Gorontalo Tahun 2020 di Ballroom Hotel Horison,Kota Gorontalo, Jumat (28/2/2020).

Ia mengemukakan dengan perkembangan teknologi, kualitas data mendapatkan perhatian.

“Rakerda BPN Gorontalo ini menarik karena ada Perjajian kerjasama yang ditandatangani selain dengan UNG, juga dilakukan dengan Badan Wakaf Indonesia Gorontalo, DJKNL Suluttenggo, dan Malut untuk percepatan legalisasi aset tanah wakaf dan BMN,” ungkapnya.

Di saat yang sama, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Gorontalo, Wartomo, melaporkan kemajuan pekerjaan Program Strategis Nasional PTSL dengan 93 ribu bidang pengukuran, di dalamnya target sertipikat sebanyak 40 ribu SHAT.

“Sampai saat ini pengukuran ASN sudah sebanyak 13.869 bidang, dan target 40.000 bidang pengukuran pihak ketiga sedang dalam pelaksanaan” ungkap Wartomo.

Wartomo menambahkan mereka mengadakan pelatihan untuk 100 orang mahasiswa Fakultas Teknik Geodesi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang akan melaksanakan praktek kerja lapangan dan melalui Perjanjian Kerjasama (PK).

” Mahasiswa yang praktek ini akan turut membantu percepatan PTSL dan Redis yang telah dijadwalkan penyelesaiannya pada pertengahan tahun 2020 ini,” imbuh Wartomo.

Terkait tema Transformasi Digital, Data Pertanahan Berkualitas Menuju Gorontalo Lengkap 2020, Wartomo menjelaskan seluruh kantor pertanahan di Provinsi Gorontalo telah melaksanakan layanan online HT-el.

“Statistik prosentasenya terus meningkat, sekarang sudah mencapai 17%,” kata Wartomo.

Ketua Panitia, Patrick Ekel menyampaikan Rakerda berlangsung selama 2 hari, 28-29 Februari 2020 dan disemarakkan dengan pemberian penghargaan Digital Implementation Award 2020 kepada 3 nominator kantor pertanahan (kantah) dan diraih oleh Kantah Kabupaten Bone Bolango sebagai yang terbaik.

Rakerda diikuti 141 orang peserta yang merupakan pejabat struktural kantor Badan pertanahan nasional se Provinsi Gorontalo, pungkasnya.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *