ESENSINEWS.com, Jakarta – Analisa Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) tentang perpolitikan tanah air yang dikuasai oleh para pemodal asing mendapat pujian dari tokoh nasional DR. Rizal Ramli.

Menurut RR, pemerintah kembali ulangi kebiasaan buruk Saat lrisis 1998 Dalam analisa itu, Bamsoet mengurai kekhawatiran partai politik akan dikuasai para pemodal asing.

Pasalnya, hampir di setiap pemilihan pucuk pimpinan partai, para pemodal asing datang cawe-cawe. Mereka mensponsori para caketum yang dikehendaki dan bisa disetir.

Bahkan Bamsoet turut mengurai modal untuk menguasai sebuah partai politik, yaitu sebesar Rp 1 triliun. “Analisa bagus Mas Ketua MPR Bambang Soesatyo,” puji Rizal Ramli kepada redaksi, Kamis (20/2/2020).

Namun demikian, RR menilai kurang pantas orang sekelas Bambang Soesatyo sebatas melakukan analisa. Sebagai orang yang berpengaruh di negeri ini, Bamsoet harus ikut andil melakukan pembenahan.

Misalnya, dengan menggunakan jabatan yang dimiliki saat ini untuk mengusulkan RUU yang bisa membuat politik tanah air terbebas dari politik uang. “Jadi jangan analisa doang dong. Mas itu kan ketua MPR, ambil inisiatif dong, minta DPR buat UU anti politik uang & nepotisme. Baru hebat,” tutup Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid ini.

 

Sumber : RMOL

 

 

 

 

 

0Shares