Buntut Virus Corona, Maskapai Australia Pangkas Penerbangan ke Asia

oleh

ESENSINEWS.com, Maskapai penerbangan Australia, Qantas akan memotong pelayanan penerbangan secara besar-besaran ke Asia seiring meluasnya wabah virus corona baru (Covid-19).

Lima pilihan kebijakan dan dampak ekonomi dunia dalam pengumumannya pada dikutip dari RMOL, Kamis (20/2/2020), Qantas akan memotong penerbangan sebanyak 16 persen selama tiga bulan ke depan. Dimuat Channel News Asia, Qantas menangguhkan penerbangan ke Shanghai, sedangkan penerbangan ke Hong Kong dan Singapura dikurangi. Atas kebijakan tersebut, setidaknya 18 pesawat akan dikandangkan serta memberi cuti sebagian karyawannya.

Pengumuman tersebut juga disampaikan di tengah penurunan keuntungan yang dialami Qantas. Kepala Eksekutif Qantas, Alan Joyce mengatakan, wabah corona telah berdampak pada laba perusahaan hingga 150 juta dolar Australia atau setara dengan Rp 1,3 triliun (Rp 9.158/dolar Australia).

“Pemotongan ini bisa kami perpanjang. Jika ada permintaan, kami bisa memperpanjang maupun menambah kursi. Ini adalah situasi berkembang yang sedang kami pantau dengan cermat,” kata Joyce.

“Kami tahu permintaan ke Asia akan Dan kami akan siap untuk bangkit kembali ketika itu terjadi,” lanjutnya.

Selain Qantas, Jetstar juga akan mengurangi penerbangannya di Asia sebanyak 14 persen hingga akhir Mei, yang berdampak pada rute ke Jepang, Thailand, dan Cina daratan.

 

 

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *