Tech Driven Quality – Dua Sertpikat HT-el Terbit Perdana di Gorontalo

ESENSINEWS.com – Bertempat di Kantor Pertanahan Bone Bolango Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Gorontalo Wartomo, A.Ptnh menyerahkan langsung 2 Sertipikat Hak Tanggungan (HT) yang diproses secara elektronik (HT-el) Rabu (05/02/2020).

Dalam sambutannya Kakanwil BPN Gorontalo mengapreasi semangat para pelaksana, Kepala Bidang HHP (Patrick Ekel, A.Ptnh., M.Si.) bersama jajarannya yang telah melaksanaan sosialisasi dan pelatihan aplikasi serta Kepala Kantor Bone Bolango dengan jajarannya (Kasi HHP) yang telah meimplementasikannya dalam pelayanan pertanahan secara online. Pada akhir tahun 2019 yang lalu, bersama dengan lembaga keuangan/perbankan dan IPPAT telah dilaksanakan Sosialisasi sekaligus Pelatihan yang ditindaklanjuti dengan registrasi tanda tangan elektronik dan registrasi akun layanan aplikasi Mitra Layanan/Layanan Mandiri. Tekat dan komitmen bersama kita untuk melaksanakan pada awal tahun 2020 ini mulai menampakkan hasil yang menggembirakan. Ada 2 Sertpikat HT-el yang berhasil diproses dari 3 permohonan yang masuk.

Selanjutnya, Lembaga Keuangan/Perbankan yang telah siap dan telah berproses HT-el di Gorontalo yakni BTN, BRI dan BNI. Menyusul Bank Mandiri dan Panin telah mempunyai akses aplikasi Mitra.

Bahkan seluruh Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota di lingkungan Kanwil BPN Gorontalo telah teregistrasi dan siap melaksanakan HT-el.

Setelah penyerahan sertipikat HT-el, Kakanwil BPN Gorontalo membuka diskusi dengan perwakilan dari lembaga keuangan yang hadir diantaranya BNI Cabang Gorontalo, BRI Cabang Kota, Pegadaian, dan Ulam serta para PPAT Bone Bolango. Terungkap apresiasi atas terlaksananya layanan elektronik di Gorontalo. Diharapkan agar.kantor cabang Pembantu dan Unit-Unit BRI yang tersebar di Kabupaten lainnya untuk segera mempunyai akses pada aplikasi Mitra Keuangan.

Demikian pula untuk Lembaga Perkreditan Ulam yang banyak mempunyai nasabah yang masih menunggu persetujuan akses/akun dari kantor pusat masing-masing di Jakarta.

Yang menarik dalam proses HT-el ini, teman-teman Bidang HHP dan Kasi HHP Kabupaten Bone Bolango dan Kantah Kota Gorontalo mendorong dan mendampingi PPAT dan pihak Bank untuk belajar bersama menjalankan aplikasi HT-el tersebut (learn by doing) dan berhasil sehingga terjadi sharring knowlege untuk percepatan transformasi digital layanan pertanahan di Gorontalo dengan semangat “Technology Driven Quality Improvment”.

0Shares

goeh

Read Previous

Politisi Gerindra Jebak PSK di Kamar Hotel

Read Next

Andre Rosiade Bantah Jebak PSK di Padang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *