ESENSINEWS.com – Seniman patung asal Langowan Ivan Kembuan, berhasil menyelesaikan tahap 1 pembangunan Monumen Pdt. Nicolaas Philip Wilken di sebuah Taman Kompleks Terminal Beriman Tomohon.

Objek utama monumen tersebut yaitu Patung Dada dengan media beton struktur besi dan ram setinggi 2,6 meter.

Berbagai tanggapan dan apresiasi datang silih berganti dalam kolom komentar di akun media sosial facebook milik sang seniman yang intinya memberikan apresiasi dan salut atas karya seni yang telah dihasilkan.

Proses pemindahan patung Pdt. Wilken


Salah satunya datang dari Jerry Manus yang mengatakan bahwa patung tersebut sangat artistik, dimana garapannya apik dan detail termasuk pewarnaannya serta tidak seperti boneka.

Demikian juga diungkapkan Diksan Kilanmasse yang merupakan rekan satu angkatan tahun 2001 Seni Rupa Universitas Negeri Manado (UNIMA).

“Kami bangga punya teman seperti Ivan Kembuan yang terus berkarya. Ilmu dan pengalaman yang dilalui adalah bagian dari pembelajaran untuk seterusnya diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat dalam semangat pelayanan,” tuturnya.

Patung Pdt. Wilken


Sementara itu, sang seniman sendiri Ivan Kembuan mengungkapkan bahwa pencapaian yang dialami sekarang ini juga berkat dukungan dari berbagai pihak.

“Yang pasti, karya seni akan terus dilahirkan dalam berbagai bentuk dan tema. Bagi generasi muda yang punya talenda di bidang seni, teruslah belajar dengan tekun untuk menghasilkan karya seni lainnya. Tahap 1 pembangunan monumen ini boleh selesai juga berkat kerja sama dengan tim pelaksana proyek ,” ujarnya.

Pdt. Wilken sendiri merupakan seorang misionaris Protestan (Zendeling) yang berkarya di Tomohon dan monumennya dibangun dengan menggunakan anggaran APBD Pemkot Tomohon Tahun 2019.

Sumber : Beritamanado

0Shares