Angka Kematian Akibat Overdosis di AS Turun Drastis

oleh

ESENSINEWS com – Angka kematian akibat overdosis obat-obatan turun di Amerika pada 2018 untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, kata pejabat kesehatan federal, Rabu (17/7/2019).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan, tercatat sekitar 69.000 kematian pada 2018, dibandingkan dengan lebih dari 72.000 tahun sebelumnya.

Pejabat mengutip penurunan angka kematian itu akibat menurunnya penggunaan opioid sebagai alasan utama.

“Data sementara terbaru tentang kematian akibat overdosis menunjukkan, upaya-upaya terpadu Amerika untuk mencegah penggunaan dan kecanduan opioid berhasil,” kata Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan, Alex Azar. “Nyawa diselamatkan dan kami mulai menang melawan krisis ini”.

Tetapi sementara Azar mengatakan penurunan overdosis sangat menggembirakan, belum ada yang menyatakan kemenangan. Dia menambahkan ada ancaman lain yang muncul dan “tren yang mengkhawatirkan” dalam overdosis kokain dan metamfetamin.

Para pejabat AS memperkirakan, epidemi opioid telah menewaskan sekitar 400.000 orang dalam beberapa tahun terakhir. Dikatakan, para dokter dan rumah sakit sering memberi resep obat penghilang rasa sakit sintetis itu. 

Sumber : VOA Indonesia

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *