Dua Nama Ini Diprediksi Bisa Jegal OD di Pilgub Sulut 2020

by -19 views

Eseneinews.com – Kendati menguasai parlemen, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) jangan terlalu pede. Pasalnya ada nama yang bisa menumbangkan Olly Dondokambey pada Pilgub Sulawesi Utara (Sulut) 2020 mendatang.

“Pertama Vicky Lumentut menjadi threating atau ancaman politik bagi PDIP. Yang kedua Deputi IV Kemenkopolhukam Carlo Tewu,” kata Diterktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie Sabtu (16/6/2019).

Apalagi kata dia, performa Nasdem mulai baik dengan menggusur Golkar di pemilihan legislatif dengan meraih 2 kursi di DPR ini bisa menjadi bom waktu.

“Ingat, kekuatan Nasdem ada di 3 kota dengan pemiluh terbanyak Manado, Bitung dan Kotamobagu. Ditambah Bolmong, Minut dan Talaud. Maka PDIP bisa saja kalah dalam perburuan orang nomor satu Sulut,” tutur dia.

Lanjut kata peneliti Politik dari Amerika ini, PDI-P hanya mengandalkan kabupaten yang pemilihnya tak terlalu signifikan yakni, Minahasa, Mitra, Sitaro dan Bolsel secara avarage pemilihnya kalah dengan Nasdem. Setidaknya peluang di daerah jika bupati/walikota dikuasai Nasdem maka otomatis 90 persen maka menang. Hal itu lumrah terjadi.

Jerry mencontohkan, Mitra Ketua James Sumendap pemenangnya PDI-P. Walikota Manado kala itu Vicky Lumentut maju lewat Demokrat, ia pun berhasil menang di Pilwako kala itu.

Dengan skor 6-4 antara Nasdem dan PDI-P maka ini danger (bahaya) bagi Olly Dondokambey. Memang dua jagon Nasdem yang akan maju antara Walikota Bitung, Max Lomban maupun Vicky Lumentut.

“Jika nantinya Nasdem berafiliasi dengan Golkar maka akan lebih perkasa. Tapi calon yang juga diperhitungkan yang saya prediksi mampu menjegal OD yakni Carlo Tewu,” ujarnya.

Salah satu putra terbaik Kawanua yang kini duduk sebagai Deputi IV Kemenko Polhukam ini sudah banyak makan asam garam. Ada dua indikator beliau bisa menjadi ancaman bagi pesainngya. pertama, Carlo pernah menjadi Plt Gubernur Sulbar dan pernah Kapolda Sulut otomatis beliau sudah tahu persis kondisi Sulut seperti apa. Jika beliau diplot Golkar maka akan menarik. Bisa jadi jenderal bintang dua ini mampu melejit.

Nama selanjutnya yang bisa membuat kejutan yakni Walikota Bitung, Max Lomban, Walikota Tomohon, Edwin Eman dan Benny Mamoto.

Editor : Hipatios

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *