Saat Habibie Gandeng Tangan Megawati di Pemakaman Ani Yudhoyono

by -112 views

Esensinews.com – Ada damai tergambar di balik haru pemakaman Kristiani Herrawati atau lebih dikenal dengan nama Ny Ani Yudhoyono, Minggu (2/6/2019) sore. Publik dipertontonkan jabat tangan dan peluk rindu dari mereka yang lama tak bertemu.

Dari kejauhan, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie terlihat menggandeng tangan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Mereka datang sekitar pukul 14.20 bersama iring-iringan tamu kehormatan saat prosesi upacara pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta.

BJ Habibie dan Megawati mengenakan baju senada berwarna dominasi hitam. Ketika melintasi awak media yang bertugas, keduanya tak berbicara sepatah katapun. Hanya senyum manis tersungging di bibir sembari melambaikan tangan ke arah puluhan kamera.

“Pak Habibie.. Bu Mega…,” panggil awak media dengan harapan mereka bersedia mengucapkan sepatah dua patah kata.

Kedatangan kedua Presiden itu dikawal ketat pasukan pengamanan presiden (Paspampres) berjas hitam dan berdasi merah menyala. Di belakang mereka terlihat Istri Presiden Joko Widodo, Iriana, dan anak kandung Megawati sekaligus Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Setelah rombongan tamu kehormatan lewat, peti jenazah Ani Yudhoyono yang dibalut bendara Sang Saka Merah Putih pun datang. Kedatangan jenazah dikawal Batalyon Pengawal Protokoler Kenegaraan yang terdiri dari 10 penembak, 6 pembawa bunga, dan satu pembawa foto.

Di antara rombongan pengiring jenazah terlihat Presiden Joko Widodo dan keluarga inti Yudhoyono yang terdiri anak, menantu, dan cucu. Keluarga inti Yudhoyono mengenakan baju senada putih dilengkapi kerudung bagi wanita, serta peci dan jas hitam untuk pria.

Susilo Bambang Yudhoyono datang menggandeng dua cucu pertamanya, yakni Almira Tunggadewi Yudhoyono dan Airlangga Satriadhi Yudhoyono. Sedangkan, besan sekaligus mantan Wakil Presiden Hatta Rajasa dan sang istri Oktiniwati Ulfa Dariah Rajasa menggendong Pancasakti Maharajasa Yudhoyono dan Gayatri Idalia Yudhoyono, dua cucu terakhirnya.

Upacara pemakaman Ani Yudhoyono diselenggarakan dengan tata cara militer yang dipimpin inspektur upacara Presiden Joko Widodo.

Sumber : Kompas.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *