Diduga Terlibat Pemufakatan Makar, Tommy Soeharto akan Diperiksa Polda Metro Jaya

ESENSINEWS.com - Kamis/23/05/2019
Diduga Terlibat Pemufakatan Makar, Tommy Soeharto akan Diperiksa Polda Metro Jaya
 - ()

Esensinews.com -Nama anak Presiden ke-2 RI mendiang Soeharto yakni Tommy Soeharto masih didalami Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya). Kasus tersebut yakni dugaan keterlibatan Tommy Soeharto, dalam kasus dugaan pemufakatan makar terhadap Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan dalam perkara tersebut, polisi sementara ini sudah menjerat Ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana Firza Husein sebagai tersangka.

Sedangkan Tommy yang biasa dipanggil Hutomo Mandala, diduga berperan sebagai penyandang dana makar.

“Kami akan periksa, apa ada aliran dana dari Tommy Soeharto ke Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana Itu,” kata Argo, Senin (4/4/2017).

Dalam panggilan pertama Tommy sebelumnya mangkir dalam penyelidikan pada Jumat (31/3/2017). Argo memastikan, akan melayangkan surat pemanggilan kedua. Namun, ia belum bisa menyebut tanggal pasti pemeriksaan Tommy.

“Nanti (jadwal pemanggilan) kami tentukan. Tunggu dari penyidik ya,” kata dia

Firza sendiri ditangkap bersama 10 tokoh menjelang aksi demo 2 Desember 2016. Namun, polisi melepas Firza setelah menjalani pemeriksaan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Peran Firza dalam kasus ini diyakini sebagai pengumpul dana kegiatan makar yang diduga untuk menggulingkan pemerintahan yang sah.

Untuk kali kedua, polisi kembali menjemput paksa Firza di kediamannya di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (31/1/2017). Kali ini, Firza telah ditahan di Mako Brimob karena alasan tidak kooperatif. Namun, belakangan, polisi telah menangguhkan penahanan Firza Husein karena alasan kesehatan.

Firza juga tengah tersandung kasus dugaan penyebaran konten yang diduga melibatkan pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Polisi juga telah menyita beberapa barang bukti seperti seprai, bantal dan televisi dari rumah Firza. Status kasus penyebaran video chat sex itu juga telah ditingkatkan dari penyelidikan ke tahap penyidikan.

0Shares

Tinggalkan Komentar

Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya