Hillary Lasut Depak Jantje Sajow ke Senayan?

oleh

Esensinews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara telah menyelesaikan pleno rekapitulasi suara 15 kabupaten dan kota se-Sulut.

Pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 17 April 2019 dilaksanakan di Hotel Sintesa Peninsula, Senin hingga Jumat (6-10/5/2019).

Menarik menentukan peraih kursi ke-6 DPR RI yang diperebutkan PDI Perjuangan dan Partai Nasdem.

Untuk DPR RI PDI Perjuangan total meraup 565.063 suara, sementara Partai Nasdem 245.511 suara.

Sesuai hitungan metode Saint Lague PDI Perjuangan meraih 3 kursi, Partai Nasdem 2 kursi dan Partai Golkar 1 kursi.

Jantje Wowiling Sajow

Pertarungan kursi ke 6 jadi milik Partai Nasdem mengantarkan Hillary Lasut lolos ke Senayan menyisihkan Caleg PDI Perjuangan Jantje Wowiling Sajow (JWS).

Dari hitungan Saint Lague untuk kursi ke 6, PDI Perjuangan yang memperoleh 565.063 suara. Jumlah ini dibagikan ke bilangan pembagi 7, hasilnya PDI Perjuangan mendapat angka 80.723.

Sementara Partai Nasdem meraih total suara 245.511. Jumlah ini dibagikan ke bilangan pembagi 3, hasilnya Partai Nasdem mendapat angka 81.837.

Di kursi ke 6, Partai Nasdem unggul 1.114 suara atas PDI Perjuangan.

Dengan demikian 6 jatah kursi Sulawesi Utara akan diwakili oleh Adriana Dondokambey, Vanda Sarundajang dan Herson Mayulu dari PDI Perjuangan, Adrian Jopie Paruntu atau Jerry Sambuaga dari Partai Golkar, Felly Estelita Runtuwene dan Hillary Brigita Lasut dari Partai Nasdem.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai Hillary melaju ke Senayan ini sebuah miracle atau keajaiban.

“Dia lolos murni, dan semua berkat tanhan Tuhan serta orang tuanya Elly Lasutbdan Telly Tjanggulung yang mensupport lewat doa. Bagi manusia possible (mustahil) tapi bagi Tuhan impossible (Tidak mustahil),” kata Jerry.

Dengan lolosnya Hillary kata Jerry, Nasdem kini mulai diperhitungkan hisa saja menggusur Golkar di papan dua di bawah PDI-P.

Editor : Jerry Palohoon

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *