18 Jenderal, 22 Pamen Dimutasi, Ketua DPP GIAK : Ini Langkah Smart Pak Tito

oleh

Esensinews.com – Sejumlah perwira tinggi (Pati) Mabes Polri bergeser posisi dan mutasi. Sebanyak 18 jenderal dan 22 perwira menengah (Pamen). Salah satunya adalah Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto.

Akpol angkatan 87 ini kini menduduki posisi baru yakni Kabaintelkam yang ditinggalkan Komjen Pol Unggung Cahyono.

Unggung dimutasi sebagai Pati Polri dalam rangka pensiun. Sedangkan pengganti Agung sebagai Kapolda Jawa Barat yakni Irjen Pol Rudy Sufahriadi yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Kapolri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo membenarkan soal mutasi yang tertera pada telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/1202/IV/KEP/2019. 

Dia mengatakan mutasi itu sebagai salah satu bentuk untuk meningkatkan kinerja. 

“Ya menggantikan yang purna tugas Pak Irwasum dan Pak Kabik serta selain itu promosi serta tour of area dan tour of duty dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi,” ujarnya Jumat (26/4/2019).

Selain itu Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin ikut dirotasi sebagai Asops Kapolri. Posisinya digantikan oleh Brigjen Pol Rudolf Alberth Rodja yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua Barat.

Begitu pula Komjen Pol Putut Eko Bayuseno yang menjabat Irwasum digantikan oleh Komjen Pol Moechgiarto. Putut dimutasi sebagai Pati Polri dalam rangka pensiun.

Posisi Moechgiarto sebagai Kabaharkam Polri digantikan oleh Kapoda Jateng Irjen Pol Condro Kirono. Kapolda Jateng kini diduduki oleh Irjen Pol Rycko Amleza Dahnil yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akpol Lemdiklat Polri. 

Posisi Gubernur Akpol Lemdiklat Polri digantikan oleh Kapolda NTB Irjen Pol Ahmad Juri. Dia pun digantikan oleh Brigjen Pol Nana Sujana. 

Selain kapolda, sejumlah pejabat Polda Metro Jaya juga turut dimutasi. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan digantikan oleh Kombes Pol Iwan Kurniawan. 

Salah Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan digantikan oleh Kombes Pol Herry Heryawan.

Ketua DPP Gerakan Indonesia Anti Korupsi Dr Jerry Massie mengapresiasi langkah Kapolri dalam penyegaran jabatan.

“Memang sudah ada yang akan retired atau pensiunan otomatis pak Tito mengambil kebijakan yang smart. Sudah lazim mutasi dalam tubuh Polri apalagi Kapolda Papua dan Kapolda Jawa Barat yang pindah posisi.,” kata dia.

Jerry menilai langkah bijak mengangkat Kapolda Jabar Agung Budi Maryoto sebagai Kabaitelkam. Menurut Jerry Pak Agung right man (orang yang tepat) duduk diposisi tersebut.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *