Peneliti IPI : Okezone Media Fenomenal, Kini Peringkat 5 Indonesia

by -19 views

Esensinews.com – Di era digital ini media online terus menggurita. Kalau awalnya yang menguasai pasaran yakni media konvensional seperti koran atau surat kabar harian (SKH) namun perubahan drastis terjadi di lapangan yang mana para reader atau (pembaca) lebih exited (tertarik) membaca media online ketimbang media lain.

Menurut peneliti Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie, zaman telah berubah. Manusia lebih membutuhkan informasi yang cepat dan tepat.

“Riset saya 10 tahun lalu dimana media online akan menguasai terbukti. Contoh Tribunnews.com perhari permbaca sekitar 100 juta, Detik.com 60 juta. Ini angka spektakuler,” kata Jerry.

Dia membandingkan dengan koran yang oplahnya terus turun. Hal ini kata dia hampir rata-rata orang sudah memiliki gadget atau smartphone.

“Makanya media online terus merajai, ini bagaikan unicorn yang merajai dalam bisnis jual-beli. Sebut saja, bli-bli, tikopedia, shopee, bukalapak dan sebagainya. Sedangkan tokoh, supermarket dan mal angka penjualanbya menurun drastis,” kata dia.

Lanjut kata dia, dirinya sudah mensurvei puluhan mal baik di Indonesia dan Amerika, dimana agak akhir-akhir ini agak sepi, tak sepertii sebelum muncul “Unicorn”. atau jual-beli online. Kalau di Amerika yang merajai saat ini adalah Amazone, milik Jeff Bezoz orang paling tajir di dunia.

Media yang melesat cukup tajam yakni Okezone.com. Mereka kini duduk diperingkat 5 di Indonesia dan 87 di dunia atau nauk 364 peringkat.

“Alasan utama mereka masuk 5 besar dibawah Tribunnews dan Detik.com, lantara mereka mampu melihat dan membaca peluang. Mulai dari jargon “Tau Cepat Tanpa Batas, team work, berita edukatif, perubahan etalase, penambahan content, kian eye catching, video yang exiting (menarik) perpaduan infotainment dan entertaiment sampai ke content-content yang menarik,” kata Jerry.

Dia melihat Okezone dengan pembaca hampir 30 juta bisa menyalib media lainnya. Bayangkan awalnya Kompas.com, Liputan6.com, Tirto.id, Merdeka.com sampai Tempo yang unggul kini mereka takluk atas Okezone.

Memang kesuksesan Okezone menurut Network Daniel Hartono selama 12 tahun ttak lepas dari kerja keras para kru.

“Apa yang kami lakukan ini untuk menyikapi tantangan internal dan tantangan eksternal, Okezone memiliki fighting spirit,” kata dia beberapa waktu lalu.

Namun semua ini tutur Jerry tak lepas dari tangan dingin sang Pemimpin Redaksi Budi Santosa yang terus berinovasi dan pantang menyerah.

Selain Okezone ucap Jerry, media yang belum terlalu lama yang siap melejit diantaranya Jitunews.com, Rilis.id, Netralnews.com, Tagar.id dan Alinea.id. Dipastikan mereka bakal masuk 100 besar di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *