Siapapun Presidennya Rizal Ramli Layak Masuk Kabinet

by -12 views
Kriteria Menteri Prabowo, Tidak Ingkar Janji  dan Harus Anti Impor Pangan

Esensinews.com— Dihadapan seribuan pengusaha, Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo membeberkan kriteria orang-orang yang duduk di kabinetnya nanti bila terpilih dalam Pemilu Presiden 2019. Antara lain pintar, berakhlak yang bagus, kaum muda dan mengutamakan kepentingan bangsa di atas segala-galanya.

Menanggapi kriteriananggota kabinet Prabowo itu, Ketua Presidium Perhimpunan Masyatakat Madani (Prima) Sya’roni menambahkan dua kriteria lagi, yakni menteri yang dipilih Prabowo nanti harus tidak ingkar janji dan anti-impor terhadap sejumlah bahan pangan.

“Menteri harus loyal kepada Prabowo. Siap melaksanakan janji-janji politik Prabowo, diantaranya menghentikan impor pangan,” ujar Sya’roni seperti dikutip harianterbit.com, Jumat (22/3/2019).

Mencermati pidato Prabowo, kata Sya’roni,  tampaknya ada ketertarikan khusus kepada Rizal Ramli. Pasalnya, saat menyampaikan kriteria menteri, mata Prabowo melirik ke RR, sambil berkata meski senior kalau masih kapabel, masih hebat, masih punya pengalaman akan kita pakai juga,” tandasnya.

Rizal Ramli

Sementara itu, pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie mengaku setuju dengan pernyataan Prabowo yang meminta kriteria orang yang akan duduk di kabinetnya harus pintar, berakhlak, kapabel, muda dan pro rakyat. “Itu baik saya setuju jika kriteria seperti itu tapi jika dia menang dalam Pilpres,” ujarnya.

Jerry menilai, Prabowo merupakan sosok yang terbuka dan memberikan kesempatan pada generasi muda masuk struktur kabinet.

Dia mengatakan, yang penting menteri yang punya komitmen untuk memajukan bangsa inilah yang bisa membantu Prabowo di kabinet nanti. Jangah hanya manis dibibir saja. Janjinya terlalu muluk-muluk dan setinggi langit.

“Banyak tokoh yang cerdas, bersih dan rendah hati di negeri ini. Contoh Rizal Ramli karena dengan kualitasnya dia bisa dipakai ilmu ekonomi mikro dan makro sampai financial masih dibutuhkan. Dia (Rizal Ramli) layak untuk menteri di kabinet Prabowo nanti,” tegasnya.

Bukan hanya Prabowo tutur Jerry, siapapun presidennya Rizal Ramli harus ditarik lagi masuk kabinet.

Integritas

Pengamat politik dari Lembaga Kajian dan Analisa Sosial (LeKAS) Karnali Faisal mengatakan, semua kriteria menteri yang akan duduk di kabinet Prabowo – Sandi harus dituangkan dalam pakta integritas. Selain kriteria pintar, berakhlak, kapabel, muda, pro rakyat seperti disampaikan Prabowo, perlu juga disertakan kriteria yang memiliki parameter terukur. Misalnya saja Menteri Pertanian sanggup swasembada pangan di tahun kedua atau ketiga.

“Selain itu Menteri Perdagangan menjamin ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat, dan lain-lain sesuai dengan tugas di kementerian masing-masing. Jadi parameter untuk mengukur janji itu juga jelas. Jika tidak tercapai maka harus siap di-reshuffle,” tandasnya.

Prabowo menjelaskan kriteria kabinetnya tersebut saat mengucapkan terimakasih telah diundang oleh pengusaha, Erwin Aksa dalam acara deklarasi dukungan Aliansi Pengusaha Nasional terhadap Prabowo-Sandi di Gedung Jakarta Theater, Jakarta, Kamis malam, (21/3/2019).”Jadi hari Ini terimakasih undangan ini, inisiator Pak Erwin kalau mau lihat nanti kira-kira kabinet kita bagimana pak,” kata Prabowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *