TII Rilis Negara-negara Paling Transparan, Indonesia Peringkat Berapa?

oleh

Esensinews.com – Lembaga Transparency International merilis daftar negara-negara paling transparan tahun 2019 berdasarkan survei berbasis persepsi global.

Negara-negara yang dianggap transparan adalah mereka yang memiliki praktik bisnis dan pemerintah yang terbuka, kekuatan politik yang terdistribusi dengan baik, tingkat kepercayaan yang tinggi dan korupsi yang dianggap rendah. Berikut adalah 5 negara teratas dalam hal transparansi:

1. Norwegia

Baca Juga:

Dubes Ajak Pengrajin RI Aktif Pasarkan Produk ke Norwegia

Kanada Minta Mitranya Tambahkan Sanksi ke Venezuela

Mobil Listrik AMI One Akan Jadi ‘Itik Buruk Rupa’ di Geneva Motor Show 2019

Negara ini menempati posisi teratas pada Indeks Kebebasan Pers Reporter Without Borders 2018 dan peringkat 3 pada Indeks Persepsi Korupsi 2017 Transparency International. Norwegia adalah negara dengan sistem demokrasi terkuat di dunia menurut lembaga Freedom House.

2. Swiss

Swiss adalah negara Eropa Tengah yang berhasil mengukur transparansi dan tata pemerintahan yang baik. Negara ini menganut demokrasi langsung di mana kebebasan sipil dihormati. Swiss berada di peringkat 3 (setara Finlandia) dari 180 negara dan wilayah yang disurvei dalam Indeks Persepsi Korupsi 2017 Transparency International.

3. Finlandia

Finlandia disebut sebagai negara dengan sistem pemilihan umum yang bebas dan adil, peradilan yang independen, dan hak yang setara bagi perempuan dan minoritas menurut Freedom House. Finlandia menempati posisi ketiga dari 180 negara dan wilayah yang disurvei dalam Indeks Persepsi Korupsi 2017 Transparency International.

Finlandia juga berada di nomor 4 pada Indeks Kebebasan Pers Reporter Without Borders, yang mencerminkan tingkat kebebasan yang dinikmati wartawan, media berita, dan lainnya di setiap negara.

4. Swedia

Swedia adalah negara Nordik yang namanya kerap menghiasi daftar negara tersukses dalam hal pemerintahan dan transparansi. Negara ini berada di peringkat 6 dari 180 negara dan wilayah yang disurvei dalam Indeks Persepsi Korupsi 2017 Transparency International dan nomor 2 pada Indeks Kebebasan Pers Dunia oleh Reporters Without Borders. Media dilindungi oleh Undang-Undang Kebebasan Pers Swedia tahun 1766, undang-undang kebebasan pers pertama di dunia menurut Freedom House.

5. Kanada

Kanada adalah salah satu negara paling bebas menurut Freedom House, dengan sejarah yang kuat tentang penghormatan terhadap hak politik dan kebebasan sipil. Negara ini menempati peringkat 18 pada Reporter Without Borders 2018 Indeks Kebebasan Pers Dunia, dan nomor 8 pada 2017 Indeks Persepsi Korupsi 2017 Transparency International.

Lantas peringkat berapa Indonesia?

Indonesia menempati peringkat ke-43, naik peringkat di mana tahun lalu Indonesia menempati posisi ke-51. Bila merujuk pada survei tersebut, Indonesia menempati peringkat 6 dari negara-negara Asia yang masuk dalam daftar. Indonesia berada di bawah Jepang (14), Singapura (17), Korea Selatan (23), Thailand (35), dan bahkan China (39) yang persnya kerap digambarkan terikat aturan ketat.

Sementara di antara negara Asia Tenggara, Indonesia berada di urutan 3 berdasarkan daftar. []

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *