Ketua DPP GIAK Apresiasi Satgas Antimafia Sepakbola Tetapkan Joko Driyono sebagai Tersangka Match Fixing

oleh

Esensinews.com – Ketua Harian DPP Gerakan Indonesia Anti Korupsi DR Jerry Massie PhD mengapresiaasi langkah kepolisian Satgas Antimafia Bola usai menetapkan Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono (Jokdri), sebagai tersangka perusakan barang bukti kasus pengaturan skor.

“Saya salut dengan kinerja kepolisian khusunya satgas mafia antimafia bola. Modus ini memang sudah sejak lama beraksi dalam dunia sepak bola Indonesia. Bagi saya ini sangat memalukan dan mencoreng citra sepak bola tanah air,” ujar Jerry juga oeneliti kebijakan publik Indonesian Public Institute (IPI).

Menurut Jerry, dengan ditetapkannya Joko Driyono sebagai tersangka maka ini akan membuka tabir gelap pesepakbolaan tanah air.

Memang kata dia, ini bagian abuse of power (penyalah-gunaan kekuasaan) yang melanggar UU Tipikor No 31 Tahun 1999 dan UU No 20 Tahun 2001.

Sebelumnya penyidik juga sudah mengirimkan surat pencegahan Jokdri untuk pergi ke luar negeri kepada pihak imigrasi untuk 20 hari ke depan.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono dilansir dari kompas.com Jumat (15/2/201).

“Ya benar, surat pencegahan ke luar Indonesia untuk Pak Joko Driyono yang dikirim ke Imigrasi hari ini Jumat 15 Februari 2019,” ujar Argo.

Adapun penyidik Satgas Antimafia Bola telah menggeledah apartemen milik Jokdri di Taman Rasuna, Tower 9, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/2/2019) malam. Penggeledahan itu dilakukan untuk mencari alat bukti baru terkait proses pendalaman kasus pengaturan pertandingan (match fixing).

Penggeledahan itu berdasarkan pengembangan laporan mantan Manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indaryani, dengan nomor registrasi P/6990/XII/2018/PMJ/DITRESKRIMUM tertanggal 19 Desember 2018.

Lalu berdasarkan laporan surat ketetapan dari ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk melakukan pengeledahan. Serta, berdasarkan surat pengadilan negeri Jakarta Selatan untuk melakukan penyitaan.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *