Esensinews.com – Setiap pengamat dan lembaga survei punya pandangan berbeda terkait siapa yang bakal finis di posisi pertama. Ekonom senior Rizal Ramli berpendapat capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin tidak akan menang dalam Pilpres 2019.

Ramalannya ini diutarakan saat menyambangi redaksi Tribunnews.com, Jakarta Pusat. Mantan Menko Bidang Kemaritiman itu secara yakin mengungkapkan pertarungan sesungguhnya dalam pilpres tahun ini bakal berpusat di Pulau Jawa.

“Di Jakarta saya yakin Jokowi kalah lebih dari 15 persen, meskipun timses Jokowi mengatakan Jokowi hanya kalah 10 persen,” kata dia Rabu (6/2/2019).

Sedangkan di Banten, Rizal Ramli juga mengatakan timses Jokowi-Maruf Amin bahkan mengatakan paslon 01
di Jawa Barat, timses Jokowi yakin menang 20 persen, tapi saya yakin Jokowi kalah 5 persen,” ujar mantan Menko Ekonomi di era mendiang Presiden Gus Dur ini.

Lebih lanjut kata Rizal Ramli, kemenangan Jokowi hanya akan terjadi di dua wilayah Jawa, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Timses Jokowi yakin menang di Jawa Tengah 30 persen, tapi mohon maaf, dia cuma bakal menang 10 persen. Di Jawa Timur Jokowi yakin hanya menang 5 persen,” tutur Rizal Ramli.

Selain di Pulau Jawa, Rizal Ramli juga memprediksi kekalahan Jokowi di beberapa wilayah di Indonesia.

“Seluruh Sumatera Jokowi kalah, kecuali di Lampung. Di Kalimantan, Jokowi hanya akan menang di Kalbar, Kalsel, Kalteng, dan Kaltim,” paparnya.

Meski demikian, Rizal Ramli tidak menyebut perkiraan persentase kekalahan Jokowi yang disebutkannya tersebut

“Di luar Jawa, Jokowi bakal hanya menang di Papua, karena tinggal beli saja nokennya, kemudian di Bali, Manado sebagian, di Flores saja sudah mulai goyang,” bebernya.

0Shares