Breaking News

Kepala Kantor ATR/BPN Manado Serahkan Sertipikat Tanah Gereja Katolik

Esensinews.com – Kepala Kantor ATR/BPN Manado Patrick Adlay A. Ekel A. Ptnh menyerahkan Sertipikat Tanah Gereja Katolik atas nama Badan Amal dan Milik Keuskupan Manado yang diterima langsung Uskup Mgr Benedicktus Estephanus Rolly Untu MSC, Minggu (27/01/2019) pagi.

Penyerahan sertipikat tanah ini berlangsung pada saat acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja, Aula dan Pastoran Gereja Katolik Paroki Yesus Gembala Yang Baik Rike, Wanea Manado usai Perayaan Ekaristi.

Saat menyerahkan Sertipikat Tanah Gereja yang berlokasi tepat di Gereja Paroki Yesus Gembala Yang Baik Rike, Wanea Manado ini, Kepala Kantor ATR/BPN Manado Patrick Ekel menjelaskan data yang ada pada Sertipikat Tanah tersebut.

Kepala Kantor ATR/BPN Manado Patrick Ekel menjelaskan sedikit letak/posisi bidang tanah yang terterah pada Sertipikat pada Yang Mulia Uskup Manado Mgr BE Rolly Untu MSC

Kepala Kantor ATR/BPN Manado Patrick Ekel menjelaskan sedikit letak/posisi bidang tanah yang terterah pada Sertipikat pada Yang Mulia Uskup Manado Mgr BE Rolly Untu MSC

“Jadi sambil menyerahkan Sertipikat, saya sedikit menjeaskan data yang ada pada Sertipikat Tanah tersebut bahwa Bidang Tanah Gereja ini sudah berkoordinat, sehingga melalui aplikasi yang sudah ada, bisa diketahui letak tanah gereja milik Keuskupan Manado yang berada dalam wilayah Kota Manado sendiri,” kata Patrick Ekel kepada MediaManado.com, Minggu (27/01/2019) malam.

Selain itu, Kepala Kantor ATR/BPN Manado ini mengajak agar Badan Amal dan Milik Keuskupan Manado segera melakukan pendaftaran tanah-tanah aset pada instansinya yang saat ini sedang melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sebagai penjabaran dan aktualisasi program nasional Kementerian ATR/BPN RI.

“Kegiatan ini juga merupakan program PALAKAT (Pelayanan Langsung Sertipikat Tanah) untuk percepatan sertipikasi tanah-tanah rumah ibadah yang berada di wilayah pelayanan Kantor ATR/BPN Manado. Jadi, untuk yang belum bersertipikat sepanjang memenuhi persyaratan, kita sertipikatkan. Dan yang sudah sertipikat, kita plotting untuk digitalisasi data, sehingga dapat meminimalisir terjadinya overlaping dan sengketa atau dengan tersertipikatkan dan terdigitalisasi data tanah, justru meminimalisir terjadinya sengketa atas tanah,” ungkap Patrick Ekel.

Lokasi Bidang Tanah Hak Milik yang bisa terpantau melalui Aplikasi Digital berbasis Peta

Lokasi Bidang Tanah Hak Milik yang bisa terpantau melalui Aplikasi Digital berbasis Peta

Diketahui, program PTSL Kantor ATR/BPN Manado untuk tahun 2019 telah menargetkan 21 ribu bidang tanah, dan target Sertpikat Hak Atas Tanah (SHAT) sebanyak 17 ribu di 23 kelurahan pada 4 kecamatan di Kota Manado.

“Selain tanah masyarakat, juga tanah-tanah lembaga keagamaan dan sosial yang berada di lokasi-lokasi tersebut dapat ikut pada program PTS,” tutup Patrick Ekel.

Sementara Uskup Keuskupan Manado Mgr BE Rolly Untu memberi apresiasi dan menyampaikan terimakasih atas pelayanan dan bantuan Kantor ATR/BPN Manado yang telah mensertipikatkan tanah Gereja dan mengajak agar tanah aset Badan Amal dan Milik Keuskupan Manado untuk didaftarkan melalui program PTSL pun program PALAKAT Kantor ATR/BPN Manado.

Kepala Kantor ATR/BPN Manado Patrick Ekel (paling kanan)

“Ini merupakan langkah awal yang baik. Saya terkesan dengan tergitalisasinya bidang tanah seperti yang terlihat pada gambar yang ditunjukkan bapak Kepala Kantor ATR/BPN Manado,” ucap Uskup Mgr Rolly Untu MSC seraya menambahkan bahwa tanah-tanah yang menjadi aset Badan Amal dan Milik Keuskupan Manado akan didaftarkan melalui program PTSL.

Walikota Manado DR Ir GSV Lumentut SH MSi DEA bersama istri mengapresiasi berbagai program pembangunan di Kota Manado, termasuk dukungan atas program PTSL Kantor ATR/BPN Manado yang kini terkoneksi dalam satu simpul jaringan aplikasi milik Pemkot Manado yang dikenal dengan aplikasi PANADA (Portal Analisis Data Berbasis Peta). Sedangkan untuk membantu Pembangunan Gedung Gereja, Aula dan Pastoran, Walikota dua periode ini, menyerahkan dana sebesar Rp 200 juta kepada panitia pembangunan di Paroki Yesus Gembala Yang Baik Rike Wanea Manado.

Foto bersama; Uskup Manado Mgr BE Rolly Untu MSC, Pastor Paroki YGB Rike Pst Melky Pantow Pr, Kepala Kantor ATR/BPN Manado Patrick Ekel, Undangan dan Panitia Pembangunan

Foto bersama; Uskup Manado Mgr BE Rolly Untu MSC, Pastor Paroki YGB Rike Pst Melky Pantow Pr, Kepala Kantor ATR/BPN Manado Patrick Ekel, Undangan dan Panitia Pembangunan dan Umat.

Pastor Paroki Yesus Gembaka Yang Baik Rike Wanea Pst Melky Pantow Pr, Pst Damianus Pongoh Pr yang menangani pembangunan dan pengelolaan aset Keuskupan Manado menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kepala Kantor ATR/BPN Manado yang telah menerbitkan Sertipikat Tanah Gereja juga kepada Walikota Manado GSV Lumentut yang telah membantu panitia pembangunan.

“Atas nama Bapa Uskup dan Pastor Paroki serta seluruh Umat Katolik Paroki Yesus Gembala Yang Baik Rike, menghaturkan limpah terima kasih kepada bapak Patrick Ekel dan jajaran Kantor AR/BPN Manado, semoga Tuhan memberkati,” ujar Wakil Ketua Panitia Pembangunan Mayor TNI Vincentius Mamarodia, yang juga diberi kuasa oleh Badan Amal dan Milik Keuskupan guna membantu pengurusan Sertipikat Tanah tersebut.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *