Gubernur Sulut Serahkan 1112 Sertipikat

oleh

Esensinews.com– Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor ATR/BPN Kota Manado untuk tahun 2018 berhasil direalisasikan.

Hal itu terbukti dari penyerahan sebanyak 1112 Sertipikat Tanah oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE untuk masyarakat Manado, khususnya kelurahan Buha sebanyak 578 bidang dan kelurahan Bengkol 534 bidang di Auditorium Mapalus Kantor Gubernur, Senin (07/01/2019).

Gubernur Olly Dondokambey mengucapkan selamat kepada seluruh warga penerima sertipikat tanah, sekaligus mengatakan bahwa momentum yang baik ini merupakan hadiah tahun baru.

“Sertipikat ini adalah hadiah tahun baru bagi kita semua, baik bagi masyarakat maupun pemerintah karena bidang tanah yang terdata semakin lengkap,” kata Gubernur Sulut di hadapan ribuan penerima Sertipikat Tanah dan sejumlah pejabat dari lembaga vertikal maupun pejabat dari Pemerintah Kota Manado dan Pemprov Sulut yang hadir.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama Forkopimda, pejabat teras Pemprov Sulut dan jajaran ATR/BPN di kegiatan penyerahan Sertipikat Tanah untuk rakyat Kota Manado
Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama Forkopimda, pejabat teras Pemprov Sulut dan jajaran ATR/BPN di kegiatan penyerahan Sertipikat Tanah untuk rakyat Kota Manado

Gubernur mengatakan, program PTSL ini merupakan upaya Presiden RI Joko Widodo untuk mengurangi sengketa tanah yang terjadi di wilayah Indonesia dan merupakan kepastian hukum atas bidang tanah masyarakat.

“Target Presiden Jokowi pada tahun 2018 sebanyak tujuh juta sertipikat di Indonesia telah terlampaui. Tahun 2019 penyerahan sertipikat akan terus dilakukan. Ini adalah bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat,” ungkap Orang nomor satu di Sulut ini.

Dia mengharapkan Kantor ATR/BPN mampu menjangkau lebih banyak lagi desa dan kelurahan, baik di Manado maupun kabupaten dan kota lainnya di Sulut.

“Agar semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan pelayanan sertipikat tanah yang mudah, cepat dan menjamin kepastian hukum,” ujar Gubernur seraya mendorong Pemerintah Kabupaten dan Kota di Sulut untuk membantu mensukseskan pelaksanaan program PTSL dengan mengganggarkan dana melalui APBD Kabupaten/Kota.

patrick2

Menurut Gubernur, Sertipikat Tanah yang telah dimiliki masyarakat, sangat membantu guna meningkatkan ekonomi masyarakat untuk memperoleh modal usaha. Selain itu, dampak positif juga diperoleh pemerintah daerah terkait peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari kewajiban masyarakat untuk membayar pajak pun kemudahan bagi Pemda untuk melakukan perencanaan pembangunan secara optimal karena telah memiliki peta lengkap bidang tanah di wilayahnya.

Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Sulut Freddy Kolintama dalam laporan mengatakan, pihaknya telah menargetkan hingga akhir 2019 ini, dapat menyerahkan sebanyak 21 ribu sertipikat tanah di Manado dan 90 ribu sertipikat di seluruh Sulut.

Kolintama pun optimis program PTSL ini akan memberikan dampak positif baik bagi masyarakat maupun bagi pemerintah daerah. Diapun mengakui bahwa Kota Manado memang menjadi target terwujudnya peta tunggal dan kini menjadi pilot project tersinkronnya data kepemilikan bidang tanah di Kota Manado.

patrick1

Kepala Kantor ATR/BPN Kota Manado Patrick Adlay Ekel A. Pthn MSi mengatakan, berhasilnya pelaksanaan program PTSL melalui penyerahan 1112 Sertipikat Tanah oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, tidak lepas dari dukungan dan kerjasama yang sinergis semua pihak, terlebih oleh Pemkot Manado melalui Camat dan lurah.

Patrick Ekel pun mengatakan, One Map Policy semakin praktis karena terkoneksi dengan simpul jaringan terpadu Pemkot Manado yang dikenal Aplikasi Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA), dimana pemerintah dapat dengan mudah melakukan monitor terhadap berbagai hal baik menyangkut perencanaan pembangunan pun berbagai kewajiban masyarakat pada pemerintah.

Gubernur Olly Dondokambey SE saat berselfie
Gubernur Olly Dondokambey SE saat berselfie

Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastian SE dan Ketua DPRD Kota Manado Nortje van Bone mengapresiasi kinerja Kantor ATR/BPN Kota Manado yang terus melakukan kerja nyata untuk masyarakat Kota Manado dalam memperoleh kepastian hukum atas bidang tanah melalui program PTSL dan penyerahan Sertipikat Tanah.

Pemkot Manado dan DPRD Kota Manado menyatakan akan terus bersama Kantor ATR/BPN Kota Manado untuk mensukseskan program PTSL yang kini terus direalisasikan untuk masyarakat dan pemerintah kota Manado.

Mapalus ATR/BPN Kota Manado Choir saat membawakan lagu di acara Penyerahan Sertipikat Tanah untuk Rakyat di Auditorium Kantor Gubernur Sulut
‘Mapalus ATR/BPN Kota Manado Choir’ saat membawakan lagu di acara Penyerahan Sertipikat Tanah untuk Rakyat di Auditorium Kantor Gubernur Sulut

Diketahui, acara penyerahan sertipikat kepada masyarakat Kota Manado dihibur pula oleh penampilan paduan suara ‘Mapalus ATR/BPN Kota Manado Choir’ dengan membawakan lagu Mars dan lagu Ayo Buat Sertipikatmu dibawah binaan Kepala Kantor ATR/BPN Kota Manado Patrick Ekel. Penampilan paduan suara Kantor ATR/BPN Kota Manado mendapat aplaus dari Gubernur Sulut dan seluruh hadirin yang memadati Auditorium Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Penyerahan sertipikat tanah untuk masyarakat turut dihadiri jajaran Forkopimda Sulut, Pimpinan DPRD Sulut Wenny Lumentut SE, Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS, para pejabat Pemprov Sulut, Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastian SE, Ketua DPRD Kota Manado Nortje van Bone, Sekretaris Kota Manado Mickler Lakaat SH, pejabat Pemkot Manado, Camat dan Lurah se-Kota Manado dan jajaran Kanwil ATR/BPN Sulut serta Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten/Kota.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *