Esensinews.com – Mantan presenter Liputan6, Ira Koesno dan presenter senior TVRI Imam Priyono telah disepakati Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama dua tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden akan menjadi moderator pada debat pertama Pemilihan Presiden 2019.

Berdasarkan kesepakatan, keduanya dipilih menjadi moderator dalam debat pertama.

Selain di mantan presenter SVTV, Ira Koesno pernah menjadi moderator debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2017. Begitu pula Iman juga presenter senior.

“Terkait moderator debat pertama, sudah diusulkan dibahas dan dsepakati akan dimoderatori Ira Koesno dan Imam Priyono,” tutur Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018).

Lanjut kata Arief, dua nama itu disepakati karena dua kubu pasangan calon merasa cocok. Namun, KPU belum menyampaikan keputusan ini kepada Ira Koesno dan Imam Priyono.

Dirinya pun berharap keduanya bersedia dan sanggup untuk menjadi moderator debat pertama pilpres. Namun, jika ada yang berhalangan, maka KPU bersama tim sukses harus kembali bertemu untuk merumuskan nama moderator yang lainnya.

“Mudah-mudahan Beliau berdua bersedia. Kalau beliau berdua tidak bersedia, kami harus rapat lagi,” ucapnya.

Debat Pilpres 2019 akan digelar sebanyak lima kali. Debat pertama rencananya dilakukan pada 17 Januari 2019.

Tema debat pertama yaitu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Pesertanya adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Empat lembaga penyiaran, yaitu TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV akan menyiarkan langsung debat pertama.

Untuk debat kedua rencananya akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019, debat ketiga 17 Maret 2019, dan keempat pada 30 Maret 2019.

Sementara, debat terakhir belum ditentukan tanggalnya karena KPU dan tim kampanye masih akan mengecek jadwal masing-masing pasangan calon.

Editor : Sinta Merry

0Shares